Random Posts

header ads

Harga Minyak Turun Akibat persediaan AS Naik Lagi

New York - Harga minyak dunia turun pada Kamis (Jumat pagi WIB), setelah pemerintah Amerika Serikat melaporkan persediaan minyak mentahnya meningkat lagi ke rekor tertinggi, menambah kekhawatiran tentang membanjirnya pasokan global.

Patokan AS, minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Maret di New York Mercantile Exchange, turun 98 sen menjadi ditutup pada 51,16 dolar AS per barel, setelah merosot hampir 1,40 dolar AS pada Rabu.

Di London, minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman April menetap di 60,21 dolar AS per barel, turun 32 sen dari sesi perdagangan sebelumnya.

WTI berjangka turun tajam di awal perdagangan, tenggelam di bawah 50 dolar AS, tetapi menghapus sebagian besar kerugiannya setelah Departemen Energi (DoE) melaporkan persediaan minyak mentah AS meningkat hampir delapan juta barel dalam pekan yang berakhir 13 Februari.

"Kami jelas melihat ini terjadi karena kami telah mengalami penurunan (harga) besar kemarin, sehingga sebagian dari itu sudah dihargakan di pasar dan sekarang berusaha untuk menemukan nilai wajar," kata Carl Larry dari Frost & Sullivan.

Meskipun persediaan minyak mentah berada di tingkat tertinggi pada catatan, dan kenaikan ini lebih besar dari perkiraan para analis, kenaikan itu hanya setengah dari jumlah yang diumumkan Rabu oleh American Petroleum Institute dalam laporan mingguannya.

Laporan DoE ditunda sehari menjadi Kamis karena libur publik pada Senin.

Harga minyak mentah telah kehilangan sekitar 50 persen sejak Juni karena kelebihan pasokan di pasar dunia, ekonomi global yang lemah dan dolar yang kuat.

Dan sementara harga telah meningkat dari posisi terendah mereka dalam beberapa pekan terakhir di tengah berita bahwa jumlah rig minyak AS dalam operasi telah jatuh, serta raksasa energi memotong kembali investasi mereka, pengamat pasar mengatakan fluktuasi kemungkinan akan berlanjut untuk beberapa waktu.

"Suatu hal yang menarik adalah produksi AS pada rekor tertinggi pada basis minggu-ke-minggu, meskipun faktanya kita sudah meletakkan banyak rig dan memotong banyak biaya," kata Larry. (ant/bm 10)

Posting Komentar

0 Komentar