Random Posts

header ads

Selayang Pandang Berdirinya SMAN Siwalima Ambon

Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri Siwalima Ambon didirikan pada tanggal 01 Agustus 2006 oleh Gubernur Maluku, Karel Ralahalu dengan nama SMA Unggulan Siwalima. Pada awalnya SMA Unggulan Siwalima masih meminjam tempat di Sekolah Luar Biasa (SLB) Nania Atas, dengan 1 jenjang  dan 2 rombongan belajar. Dan berlanjut menempati gedung Sekolah SMAN 9 yang kemudian dialihkan penggunaan gedung sekolah kepada SMA Siwalima pada Nopember 2006.

Sampai dengan sekarang ini SMAN Siwalima sudah memiliki rombongan belajar sebanyak 12 kelas, masing-masing tingkat terdiri dari 4 kelas. 

Dalam usianya yang ke – 5, SMAN Siwalima telah mengalami berbagai perubahan termasuk perubahan dalam nama lembaga, yang pada awalnya bernama SMA Unggulan. Dalam perjalanan waktu maka sekolah ini memperoleh ijin operasional sesuai dengan surat keputusan Walikota Ambon Nomor: 1180 tahun 2007 tertanggal 5 April 2007 dengan nama SMAN Siwalima, sehingga penyelenggaraan sekolah ini mulai dioperasikan sebagai salah satu sekolah menengah atas negeri di kota Ambon.

Dalam kurun 5 tahun terakhir ini, tahapan-tahapan pengembangan dilalui lembaga untuk melakukan perubahan dalam memanfaatkan peluang dan tantangan yang diberikan oleh pemerintah kepada SMAN Siwalima sebagai perwujudan Manajemen Berbasis Sekolah dimulai dengan menyelenggarakan program sekolah kategori mandiri yang dilaksanakan selama 2 tahun dimulai dari 2007 – 2008.

Dan pada tanggal 01 Agustus 2009, kembali status SMAN Siwalima ditingkatkan secara resmi oleh Sekda Propinsi Maluku, Ros Far-Far, yaitu dari sekolah kategori mandiri (SKM) menjadi Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (R-SBI).

Tataran kualitas yang ada di lingkungan SMAN Siwalima dalam kacamata pandangan masyarakat Maluku, lembaga ini memiliki kelulusan dengan peringkat I Ujian Nasional (UN) selama 3 kali berturut-turut di Propinsi Maluku.

Lulusan SMAN Siwalima, telah menyebar kesejumlah Universitas dalam dan luar negeri, disamping itu ada kerjasama dengan Perguruan Tinggi Negeri Surabaya.

Konteks Internasional sebagai bagian dari kecendrungan global yang dihadapi, SMAN Siwalima telah memasuki tahun ke 3 tahapan pengembangan rintisan sekolah bertaraf internasional disikapi lembaga ini selama 3 tahun. 

Lembaga ini telah memberikan kontribusi konkrit melalui kegiatan kerjasama bersama pihak GOETHE INSTITUTE Jakarta dengan melaksanakan program pengembangan sumberdaya manusia melalui pembelajaran bahasa Jerman yang berdampak pada keikutsertaan siswa secara kontinyu sejak dilakukan Memorandum of understanding (MoU) di tahun 2009 antara sekolah dengan GEOTHE INSTITUT Jakarta. 

Sudah tercatat 8 siswa dan 1 orang guru yang telah dikirim ke Jerman dan 1 siswa ke Korea Selatan. Sementara 1 siswa sedang dalam pra persiapan di tahun 2012 untuk mengikuti kegiatan di Tokyo Jepang dan 1 orang guru lagi untuk program musim panas ke Jerman.

Tahun 2010, mendapat kehormatan untuk dikunjungi oleh lembaga East West Center yang berpusat di Hawaai yang terdiri dari para guru sekolah menengah atas di AS dari latar belakang berbagai disiplin ilmu. Melakukan fokus group guru-guru/mata pelajaran dan melakukan dialog tentang; The History Ambon; The Etnic Tension in Ambon dan The Inter group Cooperation Known as pela Gandong.

Tahun 2011 dengan adanya kunjungan konsul jenderal Amerika, ibu Kristin Bower di sekolah ini, terbuka lagi kesempatan bagi siswanya untuk meraih prestasi internasional lewat kegiatan yang diselenggarakan kedutaan besar Amerika di Jakarta.

Salah satu siswa SMAN Siwalima telah berhasil dan saat ini berada posisi entry internasional yang artinya, siswa tersebut telah berhasil mendapatkan kesempatan selama 1 tahun tinggal dan sekolah di Amerika Serikat.
Dan, di bulan Januari 2012, lembaga ini dikunjungi oleh observer dari pihak AMINEF (American – Indonesia Exchange Foundation) sementara dipelajari untuk menempatkan seorang tenaga native speaker untuk mendukung proses pembelajaran bahasa Inggris SMAN Siwalima di tahun ajaran 2012-2013.

Selanjutnya perkembangan lembaga tersebut kedepan memerlukan desain organisasi yang efisien, ramping, efektif dan dijalankan melalui tenaga-tenaga yang memenuhi kualifikasi. Untuk itu SMAN Siwalima sebagai salah satu sekolah RSBI dalam upaya pengembangan kapasitas lembaga termasuk Sumber Daya Manusia (SDM) dan system pembelajaran perlu melakukan kerjasama dengan sekolah RSBI yang telah memiliki jaminan mutu sebagai rujukan bagi lembaga ini untuk melakukan pembenahan.

Untuk itu telah dilaksanakan kegiatan magang yang difokuskan untuk guru MIPA di SMAN 81 Jakarta sekaligus lewat kegiatan tersebut, dibuat kesepakatan kerja sebagai sekolah mitra antar kedua sekolah dengan melahirkan 5 kesepakatan penting sebagai berikut;
1.       Pengembangan Kurikulum
2.       Peningkatan Kompetensi pendidikan dan tenaga pendidikan
3.       Pengembangan penilaian dalam pembelajaran
4.       Pertukaran informasi seperti buku referensi penunjang pelajaran
5.       Pertukaran peserta didik.

Aspek-aspek yang telah dan akan dilakukan tersebut, tentunya tidak berjalan tanpa dukungan SDM yang diharapkan handal, tanggap dan berkualitas. SMAN Siwalima telah memiliki tenaga pendidikan, dengan rata-rata kualifikasi pendidikan S-1 dan S-2.

Lembaga ini memiliki, 181 an siswa yang merupakan motor penggerak dari kegiatan belajar. Budaya kerja yang diperlukan agar lembaga ini dapat tetap berkiprah di tataran yang lebih maju paput dicermati, termasuk juga meningkatkan kapasitas SDM pengelola system sekolah, sehingga secara bersama dapat memiliki kemauan kuat dan kualitas yang tinggi untuk menjalankan prinsip-prinsip lembaga sebagai suatu sekolah professional, akuntabel, produkstif, responsive, dan dinamis.

Kurun waktu kurang lebih 6 tahun lembaga ini telah mengalami suka duka serta banyak hal untuk membuktikan eksistensi dan kualitas SMAN Siwalima dalam tataran daerah.

PROFIL SEKOLAH

Visi dan Misi Sekolah

Visi; Unggul dalam bidang Imtaq, IPTEK, Seni dan Budaya, yang nasionalis menuju sekolah bertaraf internasional.

Misi;
1. Mengembangkan kegiatan pembinaan akhlak dan budi pekerti.
2. Mengembangkan program yang mengacu pada standar pendidikan nasional dan internasional.
3. Mengembangkan sistem pembelajaran yang mendorong aktualisasi potensi dan kompetensi siswa.
4. Menyelenggarakan layanan pendidikan yang optimal dan berbasis TI, sains plus dan berbahasa inggris secara sempurna.
5. Menyelenggarakan pembinaan dan pengembangan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan.
6. Menyelenggarakan kegiatan pengembangan bakat dan minat siswa dengan berorientasi pada keunggulan kompetitif.
7. Menyelenggarakan kegiatan seni, budaya dan olahraga yang diharapkan untuk mengoptimalkan mutu dan prestasi.
8. Menjalin dan meningkatkan kerjasama dengan Perguruan Tinggi dan Instansi lainnya dalam kemitraan strategis dalam dan luar negeri.
9. Meningkatkan prestasi Akademik dan non Akademik di tingkat nasional maupun Internasional.
10. Menumbuhkembangkan nilai luhur budaya lokal Maluku yang pluralis.

Tenaga Pendidik
Sementara itu SMAN Siwalima memiliki tenaga pendidikan sebanyak 54 orang guru tetap, 5 orang guru tidak tetap, 8 tenaga dosen dari Unpatti, tenaga pembinaan fisik dan tenaga layanan konseling. Semua tenaga pendidik yang mengajar di SMA Negeri Siwalima berkualifikasi Sarjana dan Pasca Sarjana.



Tenaga Kependidikan
Sementara tenaga kependidikan yakni; Kepala Sekolah, 4 tenaga adminstrasi sekolah. Tenaga tetap sebagai laboran IPA 2 orang, 4 tenaga tenaga administrasi, 3 tenaga satuan keamanan, 2 tenaga kebersihan, 2 tenaga dapur, 1 tenaga bagian pencucian dan 2 tenaga kepala asrama putra/putri, 1 orang perawat dan 1 orang dokter umum.

Fasilitas Sekolah
Tanah seluas kurang lebih 50.000 meter persegi merupakan kekayaan sekolah. Hamparan tanah yang luas memberikan ruang berpikir dan berekreasi secara luas. Lingkungan tempat yang nyaman untuk belajar. Dalam lingkungan sebesar ini berdiri bangunan kelas 12 ruang, 1 laboratorium IPA, 1 laboratorium komputer serta fasilitas LCD dan laptop. 1 ruang perpustakaan, 1 gudang, 6 bangunan asrama lengkap dengan ruang makan, lapangan bola basket dan lapangan bola volley. Fasilitas yang segera dibangun adalah; Laboratorium kimia, fisika dan biologi. Asrama guru, sarana ibadah dan sarana olahraga.






Posting Komentar

0 Komentar