Header Ads

Aceh Akan Gelar Pameran dan Kontes Batu Cincin Tingkat Nasional

Banda Aceh - Gabungan Pencinta Batu Alam (GaPBA) Aceh akan menggelar pameran dan kontes batu cincin tingkat nasional pada 6 hingga 10 Maret 2015.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) GaPBA Aceh Nasrul Sufi di Banda Aceh, Rabu (11/2/2015), mengatakan pameran dan kontes batu cincin tersebut digelar di Pasar Atjeh Banda Aceh di lantai tiga.

"Ada 70 anjungan atau stand pameran yang dipersiapkan, 28 unit di antaranya untuk VIP, 22 untuk kelas menengah, dan selebihnya kelas biasa. Harga stand bervariasi antara Rp1,5 juta hingga Rp2,5 juta," kata dia.

Sedangkan untuk kontes, kata dia, pendaftaran dibuka pada hari pertama pameran, yang 6 Maret 2015. Pendaftaran per batu cincin selain jenis idocrase Rp100 ribu. Sedangkan jenis idocrase Rp200 ribu.

Ada beberapa jenis batu cincin yang dikonteskan, sebut dia, yakni jenis idocras, chaisedoni, jenis bacan, nefrite jade, black jade, batu akik atau batu langkan dan sebagainya.

"Kami tidak menerima peserta kontes untuk batu safir, zamrud, dan rubi. Jenis batu ini bukan asli Indonesia. Kontes batu cincin ini hanya diperuntukkan bagi batu Indonesia," ungkap Nasrul.

Menyangkut peserta, kata dia, tidak hanya dari seluruh Aceh. Peserta pameran maupun kontes yang sudah mengonfirmasikan keikutsertaan berasal dari Sumatera Utara, Jawa Barat, dan Papua.

"Kontes dan pameran batu cincin ini sifatnya individu bukan komunitas. Artinya, setiap peserta bukan mewakili lembaga atau daerah, tetapi atas nama pribadi," kata dia.

Sedangkan dewan juri, sebut Nasrul, beranggotakan lima orang. Tiga orang di antaranya didatangkan dari Jakarta dan dua dari Aceh. Dewan juri mereka yang ahli di bidang batu cincin dan mereka independen.

"Kami juga menyampaikan ketua maupun pengurus GaPBA serta panitia pelaksana dilarang mengikuti kontes. GaPBA dan panitia pelaksana tidak akan mempengaruhi dewan juri," tegas dia.

Menyangkut hadiah, Nasrul mengatakan sedang dibahas di internal panitia dan menunggu keputusan dari pihak ketiga. Keputusan soal hadiah ini akan disampaikan beberapa hari ke depan.

"Kami memastikan bahwa hadiah yang diberikan yang terbesar dibanding kontes-kontes batu cincin yang pernah diselenggarakan di Aceh. Apa hadiahnya? Akan kami umumkan secepatnya," kata Nasrul Sufi. (ant/bm 10)
Diberdayakan oleh Blogger.