Random Posts

header ads

Survei di sosial media, Gerindra terpopuler, Demokrat urutan Delapan

Jakarta - Partai politik di tanah air seakan berlomba-lomba menggunakan sosial media seperti Facebook dan Twitter sebagai media kampanye untuk menggaet pemilih. Bahkan partai yang mulanya tak memakai sosial media untuk sosialisasi seperti PPP, saat ini sudah menggunakan sosial media untuk pencitraan.

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan Katapedia Sosial Media Research Center, parpol dengan popularitas tertinggi di sosial media saat ini adalah Gerindra. Sementara, Partai Demokrat hanya menempati urutan ke-8.

"Secara umum tingkat popularitas partai tertinggi di sosial media saat ini adalah Gerindra dengan capaian 19,6 persen, kemudian NasDem 13,6 persen, PKS 12,9 persen, PDIP 12,1 persen, Golkar 11,4 persen, Hanura 10,1 persen, PPP 9,8 persen, dan Partai Demokrat 9,6 persen," kata CEO Katapedia Sosial Media Research Center, Deddy Rahman dalam rilis survei 'Mengintip Strategi Partai Politik di Sosial Media Menjelang 2014' di Bumbu Desa, Cikini, Jakarta Pusat, Senin (2/12).

Deddy mengatakan, selama 30 hari terakhir Katapedia melakukan survei terhadap partai politik. Survei itu dengan melihat strategi partai politik dalam menggunakan sosial media.

Menurutnya, dari persentase tersebut, popularitas parpol di tanah air cenderung seimbang di sosial media. Sebab, angka tersebut menunjukkan popularitas partai yang satu dengan yang lainnya tak terlalu jauh.

"Delapan partai itu popularitasnya berimbang di sosial media," papar Deddy.

Survei Katapedia berlangsung sejak 1 November hingga 1 Desember 2013. Survei sosial media menggunakan mesin pencari khusus yang menyerap semua pembicaraan akun di Facebook dan Twitter berdasarkan sentimen pembicaraan terhadap partai politik. (Sumber: Merdeka.com)