Header Ads

Markas Polda Malut Dipastikan Pindah ke Sofifi

Ternate - Markas Polda Maluku Utara (Malut) dipastikan akan pindah dan para personel memulai aktivitasnya di Sofifi setelah dalam beberapa tahun terakhir melakukan seluruh aktivitasnya di Kota Ternate.

"Sesuai hasil rapat analisa dan evaluasi atau anev mengenai gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat pada minggu pertama Desember 2013 dan serta rapat anev Operasi Zebra 2013 dan Operasi Pekat III Kie Raha oleh Polda Maluku Utara, Kapolda menyampaikan bahwa pada Januari 2014, sebagian jajaran Polda Malut sudah berkantor di Sofifi," kata Kabid Humas Polda Malut AKBP Hendri Badar di Ternate, Rabu.

Menurut dia, dalam rapat tersebut Kapolda menyampaikan bahwa pada Januari 2014 beberapa satuan kerja (satker) pembinaan akan didorong sebagai yang lebih dulu aktif di Sofifi, Ibu Kota Malut.

Selain itu, ada beberapa satker yang juga akan didorong dalam rangka mempercepat proses pindah kantor baru itu.

Akan tetapi untuk kegiatan-kegiatan pelayanan masyarakat, katanya, masih dijalankan di Ternate oleh fungsi operasional, berupa Humas, Reserse Narkoba, Sabara dan bagian fungsional kemasyarakatan lainnya.

Selain itu, kondisi kantor serta perumahan yang berada di Sofifi, yang dikabarkan sangat memprihatinkan terkait rerumputan serta kondisi drainase yang kian jadi masalah.

Akan tetapi, personel Polda telah melakukan pembersihan dan perbaikan yang telah dimulai pada Oktober 2013. Hingga memasuki Desember 2013 masih dalam proses yang sama hingga pada Januari 2014 dipastikan petugas siap tinggal dan siap berkantor.

"Pemindahan beberapa satker tersebut akan dimulai pada Januari 2014 dan pemindahan tersebut, Kapolda dan Wakapolda dapat berbagi tugas untuk saling tukar satu sama lainnya pada saat berkantor. Wakapolda dapat ke Sofifi, Kapolda di Ternate begitu juga sebaliknya," katanya.

Selain itu, bentuk kegiatan berupa pelatihan peningkatan fungsi-fungsi dalam rangka peningkatan pelaksananan tugas kepolisian, seperti Sabhara, reserse, intel, lalu lintas yang menghadirkan seluruh satuan fungsi dan polres jajaran akan dipusatkan di Sofifi.

Sementara itu, ruangan yang ditempati oleh Ditreskrimsus Polda Malut dalam waktu dekan ini akan direnovasi, sehingga polda mengambil inisiatif untuk sementara menggunakan ruangan di eks Kantor Gubernur yang dulunya ditempati oleh Badan Narkotika Nasional Provinsi Malut. (ant/bm 10)
Diberdayakan oleh Blogger.