Random Posts

header ads

Merauke Target Produksi Beras 179 Ribu Ton

Biak - Dinas Pertanian (Distan) Provinsi Papua menargetkan hingga 2018 produksi beras petani Kabupaten Merauke meningkat mencapai 170 ribu ton/tahun.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Papua Semuel Siriwa sebelum ke Jayapura dari Biak, Jumat, mengatakan hingga tahun 2013 kebutuhan beras di Papua sebanyak 82 persen atau 80 ribu ton dipenuhi petani Merauke.

"Upaya untuk meningkatkan produksi beras Merauke akan diupayakan melalui perluasan area tanam, memberikan bantuan sarana prasarana pertanian serta menyediakan dana bantuan sosial bagi petani yang bersumber APBD dan APBN," ujar Semuel Siriwa.

Ia mengakui, beras produksi petani Merauke hingga 2013 sudah dibeli Perum Bulog untuk memenuhi kebutuhan jatah beras TNI/Polri, PNS serta program beras miskin.

Bahkan produksi beras Merauke, lanjut Siriwa, mampu memasok beberapa kabupaten di Papua seperti Boven Digul, Mappi dan Timika.

"Beras petani Merauke memberikan kontribusi menjaga ketahanan pangan di Papua, karena itu sesuai indikator kinerja tahun 2013-2018 produksi beras Merauke ditarget mencapai 170 ribu ton/tahun," harap Semuel Siriwa.

Selain Merauke, katanya, produksi beras juga dihasilkan petani Kabupaten lain di Papua di antaranya Kota Jayapura, Kabupaten Keerom, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Nabire serta Jayawijaya.

Semuel Siriwa mengatakan luas lahan pertanian di Papua sekitar 1,2 juta hektare dan diharapkan bisa dioptimalkan untuk mendongkrak produksi beras petani Papua.

"Peningkatan luas area tanam padi siap dikembangkan hingga 2018 dalam upaya menjaga ketahanan pangan nasional di Papua," kata Semuel Siriwa. (ant/bm 10)