Random Posts

header ads

Tugu Pemuda di Papua Mengandung Tanah dan Air dari 34 Provinsi

JAKARTA - Pembangunan Monumen Pemuda di Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, resmi dimulai sejak Senin (21/10/2013).

Pembangunan itu, ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Ketua Umum DPP KNPI Taufan Eko Nugroho. Acara tersebut, dilaksanakan dalam rangka HUT Sumpah Pemuda 28 Oktober 2013.

"Kita melakukan sebuah proses yang sangat penting dan bersejarah bagi perjalanan bangsa Indonesia kedepan. Diharapkan Tugu Pemuda ini ke depan menjadi lambang pemersatu kedaulatan Indonesia dari Sabang sampai Merauke," ujar Taufan saat memberikan sambutan seperti dalam siaran pers yang diterima Tribunnews, Jakarta, Senin (22/10/2013).

Tugu tersebut, dibangun dengan bahan yang dicampur tanah dan air dari 34 provinsi di Indonesia. Tanah dan air itu, didapatkan melalui kegiatan Parede Nusantara.

Tanah dan air tersebut, dikumpulkan menjadi satu untuk membangun Tugu Pemuda sebagai simbol persatuan nasional. Papua, merupakan provinsi yang terakhir memberikan tanah dan air dari seluruh provinsi di Indonesia

Pemilihan tempat tersebut, menurut Ketua DPD KNPI Papua, Yusak Andato, karena Kabupaten Jayapura memiliki sejarah yang panjang sebagai Kabupaten tertua pada masa Pepera (Penentuan Pendapat Rakyat) 1969 dimana Papua kembali ke Pangkuan Ibu Pertiwi. (Sumber: Tribunnews.com)