Random Posts

header ads

Ini Syarat yang Harus Diperhatikan Saat Bersihkan Gigi

GIGI sehat dan putih tentunya menjadi dambaan setiap orang terutama kaum wanita. Kondisi gigi yang sehat tentu akan menghindarkan gusi dari resiko peradangan. Selain itu juga memberikan fungsi yang optimal saat mengunyah makanan.

Dengan alasan seperti itu, tentu tak ada alasan lagi bagi kamu untuk menyepelekan kebersihan gigi. Tentunya untuk mendapatkan gigi yang bersih ada beberapa hal yang diperhatikan. Menurut drg. Hari Sunarto Sp. Perio, selaku Ketua Ikatan Peridontologi Indonesia memberikan beberapa syarat, seperti:

1. Perhatikan sikat gigi

Sikat gigi sebaiknya harus sering diganti, apalagi kalau bulu sikat sudah keluar tak bersusun. Sebaiknya memilih bulu sikat yang lembut agar tak melukai lapisan gusi, selalain menggunakan pasti gigi yang sesuai dengan kebutuhan.

Sedangkan hal lain yang harus diperhatikan, pada saat menyikat gigi agar menyikat secara lembut sebanyak 1-2 gigi dalam tiap gerakan. Gerakan ini sebaiknya dari depan ke belakang dan memutar, gerakan memutar ini bertujuan untuk kesehatan gusi.

2. Perhatikan asupan

Konsumsi makanan yang berserat setiap hari, bisa membantu kebersihan gigi, sehingga mencegah inflamasi pada gusi.

Makanan berserat memiliki kemampuan membersihakan sendiri yang mampu membersihkan plak pada permukaan gigi. Plak yang tidak menumpuk akan mencegah terjadinya radang gusi , yang umumnya ditandai adanya pendarahan.

3. Rutin sikat dan kontrol gigi

Sikat gigi dua kali sehari setelah sarapan dan sebelum tidur tentu sangat membantu. Tetapi mengontrol rutin kesehatan gigi dua kali setahun juga sangat dianjurkan. Ia pun menyarakankan gigi segera dibersihkan setelah makan.

Hal ini tentu untuk memudahkan pembersihan plak yang merupakan sebenarnya merupakan lapisan tipis. Jarak waktu untuk menyikat gigi sebaiknya tidak lebih dari 8 jam, yang bertujuan mencegah plak mengeras dan menumpuk.

Untuk Kotrol gigi dibutuhkan walau tak ada keluhan. Kontrol ini memungkinkan kondisi rongga mulut tetap bersih dan sehat. Kontrol juga akan memberikan penanganan segera, bila ditemukan adanya perubahan kondisi rongga mulut. (Sumber: DreamersRadio.com)