Header Ads

Hamburg Hancurkan Nuremberg untuk Tinggalkan Zona Degradasi

Berlin - Hamburg meninggalkan posisi tiga terbawah di klasemen Liga Jerman melalui kemenangan mengejutkan 5-0 atas tuan rumah Nuremberg pada Minggu, untuk memberi kemenangan perdana bagi Bert van Marwicjk sebagai pelatih mereka.

Penyerang Jerman U-21 Pierre-Michel Lasogga hanya membutuhkan delapan menit untuk melengkapi trigol pertamanya di Liga Jerman, saat Hamburg mencetak empat gol dalam waktu hanya 14 menit.

"Merupakan hal hebat untuk mendapatkan trigol, namun yang lebih penting adalah ini berjalan baik untuk tim," kata Lasogga, yang menorehkan trigol tercepat di pertandingan tandang dalam sejarah Liga Jerman.

Ini merupakan pertandingan kedua bagi Van Marwijk (61), yang melatih Belanda sampai ke final Piala Dunia 2010 dan menggantikan Thorsten Fink pada bulan lalu setelah start buruk yang membuat Hamburg menghuni zona degradasi.

Pria Belanda ini berjanji untuk memperkuat pertahanan Hamburg, namun justru serangan mereka yang sangat tajam di markas Nuremberg.

Gelandang Belanda Rafael van der Vaart membuka pesta gol timnya dengan tendangan voli menggunting pada menit ke-17.

Kapten Hamburg itu kemudian memberikan operan terakhir pada Lasogga untuk mncetak dua gol pertamanya ketika mantan penyerang Hertha Berlin itu melengkapi trigolnya ketika ia mengejar bola liar dan melepaskan tembakan ke bagian dalam tiang gawang.

Gelandang Tolgay Arslan kemudian menyarangkan gol kelima timnya saat pertandingan tinggal menyisakan 16 menit, untuk membuat Nuremberg menderita.

Kemenangan ini membuat Hamburg naik ke peringkat ke-14, sedangkan Nuremberg masuk zona degradasi.

Pada Sabtu, juara Eropa Bayern Munich naik ke puncak klasemen Liga Jerman untuk pertama kalinya di bawah asuhan Pep Guardiola, setelah bermain imbang 1-1 di markas Bayer Leverkusen.

Bayern memperpanjang laju tidak terkalahkan mereka menjadi 33 pertandingan Liga Jerman dan mendekati rekor 36 pertandingan milik Hamburg, yang terukir pada Januari 1983, ketika tim Bavaria itu kembali ke tempat di mana mereka terakhir kali menelan kekalahan di kancah liga domestik pada Oktober 2012.

Pemuncak klasemen sebelumnya Borussia Dortmund kehilangan posisi teratas setelah menelan mengejutkan 0-2 di markas Borussia Moenchengladbach pada Sabtu sore.

Pada pertandingan bertempo tinggi di BayArena Leverkusen, gelandang Jerman Sidney Sam menyamakan kedudukan pada menit ke-31 bagi tuan rumah untuk menggagalkan gol pembuka Bayern yang dicetak Toni Kroos.

Kiper Leverkusen Bernd Leno menggaransi satu angka bagi timnya setelah ia dua kali menggagalkan peluang Franck Ribery pada babak kedua, kemudian Mario Goetze, sedangkan permohonan penalti Thomas Mueller tidak dikabulkan wasit.

Namun Guardiola menjadi gambaran rasa frustrasi, merenung di bangku pemain cadangan Bayern dan mengetuk-ngetuk jarinya ketika Bayern menikmati 27 tembakan ke arah gawang dan 78 persen penguasaan bola, namun hanya mampu menyarangkan satu gol.

Satu angka ini sudah cukup untuk mengirim Bayern ke puncak klasemen, dengan Leverkusen berada di peringkat ketiga, di bawah Borussia Dortmund.

Masih segar dari kemenangan impresif 3-0 di Liga Champions atas Marseille, Dortmund siap meraih angka dari pertandingan tandang sampai sepuluh menit terakhir yang berlangsung buruk bagi mereka, yang dipicu dari kartu merah yang diterima Mats Hummels.

Bek Jerman Mats Hummels mendapat kartu merah pada menit ke-81 akibat pelanggaran kerasnya terhadap bek Gladbach dari Norwegia Havard Nordtveit di kotak terlarang.

Penyerang Jerman Max Kruse menyarangkan gol melalui penalti, kemudian penyerang Brazil Raffael mencetak gol kedua mereka empat menit sebelum pertandingan usai untuk membuat Gladbach naik ke peringkat keempat.

Schalke 04 bangkit dari ketinggalan untuk meraih kemenangan 4-1 atas Augsburg yang mengakhiri pertandingan dengan sepuluh pemain di Gelsenkirchen untuk naik ke peringkat kedelapan.

VfB Stuttgart turun ke peringkat ketujuh setelah mereka bermain imbang 1-1 dengan tamunya Werder Bremen, sedangkan Hoffenheim, yang nyaris terdegradasi pada musim lalu, bertahan di peringkat kesepuluh dengan hasil imbang 2-2 di markas Mainz.

Eintracht Braunschweig, yang sejauh ini menghabiskan musim di dasar klasemen sejak promosi pada musim lalu, meraih kemenangan perdana mereka musim ini melalui kemenangan mengejutkan 2-0 di markas VfL Wolfsburg - kemenangan pertama mereka di Liga Jerman sejak 1985.

Kemenangan ini mengangkat Braunschweig dari dasar klasemen di mana Freiburg, yang menjamu Frankfurt pada Minggu, turun ke posisi juru kunci. (ant/bm 10)
Diberdayakan oleh Blogger.