Random Posts

header ads

Bosnia dan Rusia Lolos ke Piala Dunia

Paris - Bosnia-Herzegovina mencapai turnamen utama pertama mereka pada Selasa (Rabu WIB), berkat kemenangan 1-0 atas Lithuania yang membuat mereka memastikan tempat di Piala Dunia tahun depan.

Mereka akan bergabung dengan Rusia, yang belum pernah mencapai putaran final Piala Dunia sejak 2002 dan mengunci tempat di Brazil 2014 berkat hasil imbang 1-1 di Azerbaijan.

Bosnia - yang kalah dua kali kalah dari Portugal pada play off untuk Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2012 - melaju dengan menyingkirkan Yunani, yang harus memainkan play off, sedangkan Portugal menyelesaikan kualifikasi dengan menduduki peringkat kedua di bawah Rusia dan juga akan memainkan play off.

Dua tempat otomatis zona Eropa akan ditentukan pada Selasa malam, di mana empat tim akan memperebutkannya, yakni juara bertahan Spanyol, Prancis, Inggris, dan Ukraina.

Vedad Ibisevic menjadi pahlawan Bosnia ketika ia mencetak gol terpenting dari 20 gol internasionalnya, ketika penyerang Stuttgart berusia 29 tahun itu menyumbang gol pada menit ke-68.

Sepakannya yang berbuah gol itu terjadi hanya dua menit setelah ia melihat tembakan lainnya dengan brilian digagalkan Giederius Arlauskas, yang menjinakkan peluang-peluang Bosnia sepanjang pertandingan.

Penampilan Arlauskas memiliki konteks di pertandingan ini, sebab hanya Jerman dan Belanda yang lebih banyak menciptakan lebih banyak gol di pertandingan-pertandingan kualifikasi dibanding Bosnia.

Sebaliknya Yunani gagal bersinar di depan gawang, dan mereka hanya mampu menang 2-0 atas Liechtenstein di Athena.

Dimitris Salpingidis mencetak gol pada menit ketujuh namun Yunani - yang hanya mencetak sepuluh gol menjelang pertandingan ini dari sembilan pertandingan kualifikasi sebelumnya - gagal memperbesar keunggulan sampai pemain veteran Giorgos Karagounis memainkan pertandingan ke-130nya untuk timnas, mencetak gol melalui tendangan bebas sembilan menit sebelum pertandingan usai.

Rusia mencetak gol cepat di Baku, melalui Roman Shikorov yang mencetak gol bagi tim tamu, dan meski pemain pengganti Azeri, Vagif Dzhavadov, mampu menyamakan kedudukan, tambahan satu angka sudah cukup bagi Rusia untuk dapat melaju.

Portugal, yang tidak diperkuat Cristiano Ronaldo yang diskors, meraih kemenangan atas Luksemburg melalui gol Silvestre Varela dan Nani yang tercipta pada babak pertama, namun mereka baru mampu melakukannya setelah Luksemburg kehilangan satu pemain karena mendapat kartu merah.

Bagaimanapun, mereka hanya mampu menambah satu gol pada babak kedua ketika penyerang veteran Helder Postiga mencetak gol 11 menit sebelum pertandingan usai.

Portugal dan Yunani akan mengetahui lawan-lawan mereka di undian play off yang dilangsungkan pada Senin depan. (ant/bm 10)