Header Ads

89 Tewas Akibat Berdesakan di Kuila Hindu India

Bhopal, India - Desak-desakan di sebuah jembatan yang menuju kuil Hindu terpencil di India tengah pada Minggu menewaskan sedikitnya 89 orang dan mencederai lebih dari 100, kata polisi.

Hampir 150.000 orang berkumpul untuk mengikuti perayaan keramat Dussehra di kuil Ratangarh di sebuah hutan di luar kota Datia, 390 kilometer sebelah utara Bhopal, ibu kota negara bagian Madhya Pradesh.

Namun, para peziarah panik ketika pagar pegangan jembatan roboh dan mereka berdesak-desakan. Beberapa orang tergencet hingga tewas di bawah kaki yang lain, sementara sejumlah orang tewas tenggelam setelah jatuh atau meloncat ke Sungai Sindh.

"Jumlah kematian mencapai 89 saat ini dan 100 orang cedera. Pekerjaan pertolongan cenderung melambat setelah malam tiba namun akan dimulai lagi secara penuh besok pagi," kata Dilip Arya, seorang deputi inspektur jendral kepolisian, kepada Reuters.

Media setempat mengatakan, polisi menggunakan pentungan untuk mengendalikan massa, yang membuat banyak orang panik. Satu tim 20 dokter telah dikirim untuk memberikan bantuan, kata media.

Banyak peziarah tewas akibat desak-desakan dalam beberapa kejadian sebelumnya.

Pada Februari tahun ini, insiden serupa menewaskan sedikitnya 36 peziarah Hindu, yang merupakan bagian dari festival keagamaan terbesar dunia yang menarik sekitar 30 juta orang. (ant/bm 10)
Diberdayakan oleh Blogger.