Random Posts

header ads

Masuk Demokrat, Pramono Edhie Berpeluang Gantikan SBY Jadi Ketum

JAKARTA — Mantan Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal (Purn) Pramono Edhie Wibowo akhirnya resmi bergabung ke Partai Demokrat. Nama Pramono sebelumnya sempat digadang-gadang dalam Konvensi Partai Demokrat Maret 2012 lalu sebagai calon ketua umum menggantikan Anas Urbaningrum yang telah dinonaktifkan.

Wacana menjadikan Pramono Edhie sebagai Ketua Umum akhirnya hilang begitu saja begitu kakak iparnya, Susilo Bambang Yudhoyono, maju sebagai kandidat terkuat dan akhirnya terpilih secara aklamasi. Setelah pensiun dari TNI, Pramono Edhie akhirnya terjun ke dunia politik.

Mungkinkan Pramono diproyeksikan sebagai pengganti SBY? Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat Suaidi Marasabessy tak meragukan kemampuan Pramono. Menurutnya, Pramono sudah pernah menjadi KASAD, maka memungkinkan untuk maju sebagai Ketua Umum di kemudian hari.

"Setiap kader pasti punya kemampuan, termasuk beliau. Jadi KASAD aja bisa, apalagi jadi ketua umum. Kan nggak semua ketua umum bisa jadi KASAD," ujar Suaidi di sela-sela acara Front Pemuda Muslim Maluku (FPMM) di Taman Mini Indonesia Indah, Minggu (30/6/2013).

Suaidi menuturkan, lingkungan kerja TNI dengan partai politik memang sangat berbeda. Namun, Pramono dinilai punya kelebihan karena menjadi KASAD. Sebagai personel TNI AD, kata Suaidi, Pramono sudah memiliki pengetahuan kehidupan berpolitik, berbangsa, dan bernegara.

"Jadi tidak ada masalah bagi beliau kalau mau memimpin partai politik," ucap Suaidi.

Selain itu, meski baru saja bergabung ke Partai Demokrat, Pramono sudah disambut hangat oleh para kader Demokrat. "Saya lihat sebagai new comer dalam rakornas kemarin banyak sekali yang minta berfoto. Tidak hanya yang muda tapi para politisi senior. Sehingga akseptabilitasnya cukup tinggi," ucap mantan Kepala Staf Umum TNI AD ini.

Untuk diketahui, SBY yang kini menjadi Ketua Umum Partai Demokrat akan mengakhiri masa jabatannya usai Pilpres 2014. SBY menjelaskan bersedia menjadi ketua umum hanya untuk membantu partai yang dibesarkannya sejak awal itu.

Hal ini menyusul Ketum sebelumnya, Anas Urbaningrum, dinonaktifkan setelah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus gratifikasi proyek Hambalang oleh Komisi Pemberantasan Korupsi. Adapun Pramono selama ini aktif sebagai jenderal bintang empat di lingkungan TNI AD.

Pada awal Juni, Pramono pensiun dengan jabatan terakhir sebagai KASAD. Pada Sabtu (29/6/2013) di Hotel Sahid Jaya, Pramono akhirnya resmi menjadi kader Partai Demokrat. Pramono mengaku hanya ingin membantu partai sang kakak, Ani Yudhoyono. (Sumber: KOMPAS.com)