Header Ads

Walikota: Kota Jayapura Barometer Pendidikan di Papua

Jayapura - Wali Kota Jayapura, Benhur Tommy Mano menegaskan, dengan hasil kelulusan tingkat SMA dan SMK tahun ini yang mencapai 100 persen, merupakan wujud Kota Jayapura sebagai barometer pendidikan di Tanah Papua.

"Ini menjadi indikator Kota Jayapura menjadi barometer pendidikan, maka kualitas mutu itu kita tunjukkan dengan hasil kelulusan yang begitu baik di semua sekolah kita, ini yang perlu kita pertahankan," ujarnya di Jayaapura, Senin.

Beberapa langkah yang telah dilakukan Pemkot Jayapura untuk memperoleh hasil tersebut, ungkap Mano, salah satunya dengan menstandarkan jenjang pendiddikan bagi guru, yaitu minimal harus sarjana (SI).

"Guru-guru sekaraamg tidak ada lagi D-3, semuanya SI. Ini hasil kerjasama dengan Universitas Cendrawasih, 300 guru telah kita sekolahkan," ucapnya.

Angka kelulusan yang didapat di 2015, kata Mano, juga berkat dukungan dari semua pihak, baik dari orang tua siswa, komite sekolah hingga dewan guru yang dianggapnya telah mendukungaan proses belajar mengajar di sekolah hingga seluruh siswa SMA/SMK bisa dinyatakan lulus.

Hal ini, cetusnya, yang perlu ditunjukkan oleh Kota Jayapura kepada daerah lain yang mutu pendidikannya masih dianggap kurang sehingga mereka tidak perlu berpatok ke wilayah lain di luar Papua.

"Saya ingin Kota Jayapura menjadi model bagi kabupaten lain di Tanah Papua," ujarnya. (ant/bm 10)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.