Header Ads

Gangguan Jaringan Telkomsel Papua, Perbaikan Paling Cepat Dua Minggu

Jayapura - Perbaikan kabel optik yang terputus di perairan Sorong-Jayapura, Papua, yang menyebabkan gangguan jaringan data Telkomsel, diperkirakan paling cepat memakan waktu dua minggu.

"Barusan info dari NEC Jepang bahwa kapal akan tiba di lokasi laut antara Jayapura-Sorong sekitar enam hari lagi dan perbaikan di laut sekitar delapan hari dan perkiraan selesai 4 Mei," ungkap General Manager ICT Operation Telkomsel Region Maluku dan Papua Permata J. Simarmata di Jayapura, Selasa.

Estimasi waktu tersebut, tambahnya, adalah perkiraan tercepat perbaikan kabel optik yang dipastikan putus pada kedalaman 1.124 meter, karena sebenarnya pada perjanjian kontrak kerjasama dengan pihak ketiga untuk perbaikan kerusakan kale laut waktunya lebih lama.

"Sebenarnya service level agreement dengan pihak ketiga itu satu bulan karena perlu kapal yang khusus untuk memperbaiki kabel di kedealaman seribu meter," terangnya lagi.

Percepatan waktu perbaikan tersebut, ujarnya, dikarenakan posisi kapal yang dimaksud sedang berada di perairan Merauke.

"Kebetulan kapalnya ada di Merauke, nah biasanya gak ada di sekitar sini, tapi karena sedang ada proyek (penyambungan kabel optik) Timika-Merauke mudah-mudahan kita prediksi bisa dalam dua minggu," tuturnya.

Karenanya, ucap Simarmata, Telkomsel meminta maaf dengan gangguan jaringan data yang sedang terjadi, dan hingga proses perbaikan kabel optik selesai, pihaknya akan kembali menggunakan layanan satelit untuk menyebarkan jaringan data ke pelanggan.

"Begitu ada gangguan kita harus seting lagi ke satelit dengan kapasitas 512 mb per detik. Kita mohon maaf atas gangguan tersebut dan mudah-mudahan dengan 512 MBPS ini bisa digunakan maksimal," imbuhnya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.