Random Posts

header ads

Lebih Setengah Juta Orang Kuba Penderita Diabetes

Havana - Jumlah penderita diabetes di Kuba telah berlipat selama dasawarsa terakhir, dan mencapai lebih dari setengah juta pada penghujung 2012, kata seorang ahli setempat pada Kamis (14/11), yang menandai Hari Diabetes Dunia.

Sebanyak 513.000 orang Kuba telah didiagnosis terserang diabetes, tapi jumlah orang yang sama menderita diabetes tanpa mengetahuinya, kata Dr. Ileydis Iglesias, Direktur Pusat Perawatan Diabetes Nasional. Ia mengatakan kebanyakan penderita diabetes berusia antara 60 dan 64 tahun.

Peluang orang terserang diabetes meningkat dengan prevalensi faktor resiko seperti kegemukan, rendahnya kegiatan fisik dan gizi buruk, katanya. Namun ia menambahkan kebanyakan diabetes mellitus dan komplikasinya bisa dicegah.

Dengan selalu mengingat itu, Kuba telah memberlakukan program nasional bagi perawatan pasien diabetes, termasuk perempuan hamil, anak-anak dan remaja, demikian laporan Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Jumat siang. Kuba juga telah membuat kemajuan dalam mengembangkan obat guna meningkatkan kondisi mereka dan merawat komplikasi.

Dalam kasus pasien penderita kaki diabetes dan kondisi bernanah yang berkaitan, lebih dari 25.000 orang telah memperoleh manfaat dari obat bioteknologi buatan Kuba, Heberprot-P, yang membantu menghindari orang yang memerlukan amputasi bagian tubuh bawah.

Federasi Diabetes Nasional memperkirakan 371 juta orang di seluruh dunia menderita penyakit itu, separuh dari mereka tidak mengetahui kondisi mereka, dan 4,8 juta orang meninggalkan akibat penyakit tersebut setiap tahun.

Hari Diabetes Dunia diperingati pada 14 November, hari kelahiran Frederick Banting, penemu-bersama insulin. (ant/bm 10)