Random Posts

header ads

Dua Gol Lampard Bawa Chelsea ke Peringkat Ketiga

London - Frank Lampard mencetak dua gol ke gawang bekas klubnya, ketika Chelsea menang 3-0 atas West Ham United pada Sabtu untuk membawa mereka naik ke peringkat ketiga di klasemen Liga Utama Inggris.

Dua gol Lampard, termasuk satu gol eksekusi penalti, ditambah satu gol Oscar di markas West Ham, Upton Park Ground, membuat pasukan Jose Mourinho kini memiliki koleksi nilai yang sama dengan tim peringkat kedua Liverpool.

Perbedaan kelas antara kedua klub London tersebut terlihat sepanjang pertandingan, dan hanya selisih gol yang membuat West Ham masih terhindar dari zona degradasi.

West Ham dipaksa bertahan sejak fase awal pertandingan ketika umpan silang Eden Hazard dari sisi kiri dihindari Branislav Ivanovic dan James Tomkins, bek tengah, dan mendarat ke penguasaan Samuel Eto'o, namun penyerang Kamerun itu belum mampu memecah kebuntuan.

Oscar tidak mampu melepaskan tembakan tepat sasaran dari tepi kotak penalti setelah Ravel Morrison kehilangan penguasaan bola, namun West Ham membalasnya melalui pergerakan yang membuat Kevin Nolan dapat menyarangkan bola namun ia dinyatakan telah melakukan pelanggaran terhadap kiper Petr Cech.

John Terry mampu menahan tembakan Joe Cole, mantan rekan setimnya di Chelsea, namun serangan Chelsea berikutnya membuat Guy Demel memberikan hadiah penalti kepada mereka.

Bek kanan itu menyodorkan bola kembali ke Jussi Jaaskelaineen, dan sang kiper tidak dapat menghentikan Oscar selain harus menjatuhkan pemain asal Brazil itu.

Lampard sukses mengeksekusi penalti pada menit ke-21 untuk mencatatkan gol pertamanya dari 11 pertandingan Liga Utama Inggris, mengakhiri puasa gol terpanjangnya selama satu dekade.

Mantan pemain West Ham ini merayakannya sebentar di depan para pendukung tuan rumah, yang bereaksi dengan mencemoohnya.

Gelandang Inggris West Ham menanduk peluang lain yang masih melebar, sebelum Oscar menggandakan keunggulan pada menit ke-39, di mana pertahanan The Hammers kembali melakukan kesalahan.

Sepakan Hazard dikirimkan kepada pemain Brazil itu ke lapangan tengah, dan saat tidak ada hadangan yang diterimanya, Oscar melepaskan tembakan mendatar melewati Jaaskelainen dari tepi kotak penalti.

Pelatih West Ham Sam Allardyce, yang kembali tidak memainkan sosok penyerang murni, bereaksi dengan melakukan dua pergantian pemain sebelum turun minum.

Joe Cole dan Jack Collison ditarik keluar lapangan, sedangkan Modibo Maiga dan Mohamed Diame dimasukkan.

Bagaimanapun Chelsea terus mendominasi, dan Jaaskelainen harus melakukan penyelamatan akrobatik untuk mencegah Eto'o mengubah skor menjadi 3-0.

Gary Cahill, bek tengah Inggris, nyaris mencetak gol ketiga pada awal babak kedua ketika Mark Noble menyepak bola hasil tandukannya dari tendangan sudut sebelum melewati garis gawang.

Cesar Azpilicueta, yang bermain sebagai bek kiri menggantikan Ashley Cole, memulai pergerakan dari area pertahanannya sendiri yang diakhiri dengan kiriman umpan silang kepada Oscar di dekat tiang gawang, namun upaya sang gelandang masih melebar.

Tembakan jarak jauh melengkung Eto'o masih belum tepat sasaran, sebelum West Ham menyia-nyiakan peluang untuk memperkecil ketinggalan.

Demel merupakan sosok yang menciptakan peluang melalui pergerakannya di sisi kanan, namun ketika ia menyodorkan bola kepada Maiga di depan gawang, sepakan sang pemain pengganti masih melebar.

Peluang itu terbukti menjadi krusial ketika Lampard mengubah skor menjadi 3-0 pada menit ke-82, melalui sepakan mendatar, setelah tembakan Hazard sebelumnya mengenai pemain bertahan.

Pemain pengganti Demba Ba, yang juga merupakan mantan pemain West Ham, mencetak gol pada masa perpanjangan waktu namun itu tidak dinyatakan gol karena ia berada dalam posisi offside. (ant/bm 10)