Random Posts

header ads

Ketua DPR: Negara Bisa Hancur Jika Ormas Tak Diawasi

Jakarta - Ketua DPR Marzuki Alie menekankan pentingnya RUU Ormas untuk Indonesia. Menurut Marzuki, negara ini bisa hancur jika ormas-ormas yang ada tak diawasi.

"Negara bisa hancur kalau nggak ormas diawasi pemerintah. Kita ingin negara mandiri dan tidak ada campur tangan asing. Kalau ada yang nggak cocok, mari kita koreksi," kata Marzuki kepada wartawan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (28/6/2013).

Marzuki mengatakan RUU Ormas tak membatasi ruang gerak ormas. Namun ada kekhawatiran jika ormas, khususnya yang didanai dari luar negeri, tak dipantau, maka bisa menjadi alat asing untuk mengacak-acak Indonesia.

Pria asal Sumatera Selatan ini memberi contoh kondisi chaos di Mesir. Dia menengarai kacaunya kondisi pemerintahan di Mesir karena digerakkan oleh ormas-ormas yang didanai oleh asing.

"Kita tahu Papua dimasuki ormas asing, itu kita tunggu aja dan lepas karena dikuasai asing," ujarnya.

Marzuki menegaskan RUU Ormas diusulkan oleh DPR untuk kepentingan bangsa. Dalam perjalanannya, RUU ini sudah banyak menyesuaikan dengan masukan dan aspirasi publik.

"Rakyat kita diprovokasi bahwa tidak boleh demo lagi dan akan ditangkap, kasihan orang-orang di daerah disesatkan. Padahal kebanyakan mereka yang menolak RUU ini, saat saya tanya, mereka belum baca isinya," tuturnya. (Sumber: Detik.com)