Random Posts

header ads

Wah, Kebanyakan Tidur Picu Resiko Diabetes!

DIABETES selain penyakit keturunan juga merupakan penyakit yang ditimbulkan dari gaya hidup seseorang. Bahkan saat ini diabetes menyerang mereka yang masih berusia muda. Kabar terbaru ternyata kebanyakan tidur menjadi salah satu penyebab pemicu resiko diabetes.

Dilansir dari LiveScience, dalam penelitian tersebut sebanyak 27 ribu warga China dilibatkan, kemudian mereka dibedakan menjadi empat kelompok penelitian sesuai dengan lama tidur siangnya. Hasilnya lebih dari dua pertiga responden atau 18.500 orang dilaporkan tak pernah absen tidur siang.

Kemudian peneliti mengaitkan beberapa faktor lain seperti merokok, aktivitas dan jatah tidur malam para responden. Dari situ, ditemukan bahwa mereka yang tidur siang lebih dari satu jam berisiko lebih tinggi terkena tidur siang.

“Ini adalah penelitian penting, terutama bagi orang yang terbiasa tidur siang,” ungkap Eliane Lucassen peneliti dari Leiden University Medical Center.

Tak hanya itu, ia juga menambahkan tidur siang dapat bermanfaat bagi sebagian orang, tetapi jangan kebanyakan juga tidak terlalu baik. Hal itu disebabkan ketika tidur siang tubuh mampu meningkatkan kadar gula dalam darah.

Sementara itu, Diabetes tersebut diartikan sebagai penyakit metabolism dimana kadar gula dalam darah terlalu tinggi jumlahnya. Karena tubuh tak mampu memproduksi insulin yang mampu menetralkan kadar gula darah.

Hasil penelitian yang dilaporkan jurnal Sleep Medicene tersebut, peneliti menduga kalau tidur siang terlalu lama akhirnya membuat seseorang kurang tidur di malam hari. Sehingga produksi hormon terganggu dan memicu diabetes. (Sumber: DreamersRadio.com)