Header Ads

Topan Fitow Mendekat, China Keluarkan Peringatan Tertinggi

Beijing - Badan Meteorologi China, Sabtu (5/10), mengeluarkan siaga merah, yang tertinggi dalam sistem peringatan cuacanya, saat Topan Fitow mendekati daerah pantai tenggara negeri itu.

Pada pukul 05.00 waktu Beijing, inti Fitow, topan ke-23 yang menerjang China tahun ini, berada 680 kilometer di sebelah timur Taipeh, kata Pusat Meteorologi Nasional (NMC) di dalam satu pernyataan.

NMC menyatakan topan tersebut diperkirakan bergerak ke arah barat-laut dengan kecepatan sekitar 15 kilometer per jam. Selama itu, kekuatan topan tersebut dapat meningkat sedikit.

Fitow diperkirakan mendarat di daerah pantai antara Provinsi Zhejiang di China Tengah dan Provinsi Fujian di bagian utara negeri itu antara Ahad malam dan Senin pagi, kata NMC.

Pusat tersebut menyatakan tidak biasa bagi satu topan untuk memasuki daratan di China Tenggara pada Oktober, dan mendesak warga serta pemerintah lokal agar meningkatkan kesiagaan serta secara seksama mengikuti informasi terkait.

NMC mengatakan Fitow diperkirakan juga membawa angin kencang ke perairan di Taiwan Utara dan Timur-alut, serta sebelah timur Provinsi Zhejiang dan Fujian dalam 24 jam ke depan, demikian laporan Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Ahad pagi.

Mulai Ahad, Fitow diramalkan membawa hujan lebat ke China Tenggara. Provinsi Zhejiang di China Selatan dan Timur diperkirakan diterjang hujan badai, kata pusat itu.

Masih pada Sabtu, lembaga kelautan China mengeluarkan peringatan oranye untuk peringatakan glombang.

Fitow diperkirakan mencapai bagian tenggara Laut China Selatan pada Sabtu sore atau malam, kata Pusat Ramalan Lingkungan Hidup Kelautan Nasional.

Topan tersebut diperkirakan membawa gelombang setinggi 12 meter di bagian selatan Laut China Timur dan perairan di sekitar Kepulauan Diaoyu dari Sabtu sore sampai Ahad tengah hari. Gelombang diperkirakan mencapai ketinggian lima meter di bagian utara Laut China timur dan di Selat Taiwan, kata pusat itu.

Pusat tersebut juga memperingatkan mengenai gelombang akibat topan, dan permukaan air diperkirakan mencapai 90 centimeter di daerah pantai di Provinsi Zhejiang dan Fujian mulai Sabtu malam sampai Ahad siang.

Pusat tersebut mendesak pengoperasi kapal agar berhati-hati, dan menyarankan dinas penjaga pantai agar melakukan tindakan pencegahan, patroli dan memastikan saluran air serta instalasi perikanan aman.

Komisi nasional bagi Pengurangan Bencana juga mengeluarkan peringatan dini bencana pada Sabtu, dan meminta pemerintah lokal agar mempersiapkan diri untuk memperkecil kerugian.

Biro urusan masyarakat di daerah yang terpengaruh telah diminta agar tetap melaksanakan tugas sepanjang waktu, meningkatkan pemantauan, mengeluarkan peringatan dini, mengungsikan wisatawan di daerah yang terancam dan membantu kapal penangkap ikan kembali ke pelabuhan.

Komisi tersebut meminta pemerintah setempat agar menerapkan rencana darurat, mengalokasikan bahan bantuan dan mengeluarkan dana jika perlu, untuk memastikan keperluan sehari-hari tersedia buat orang yang terpengaruh bencana.

China memiliki sistem peringatan cuaca empat tahap dengan empat warna.
Diberdayakan oleh Blogger.