Header Ads

Sulut Bentuk UPT Lembaga Sandi Negara

Manado - Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) akan membentuk unit pelaksana teknis (UPT) lembaga sandi negara, karena memiliki peran strategis dalam penyampaian kerahasiaaan informasi.

"Peran teknologi informasi semakin penting, baik untuk kepentingan individu, bisnis maupun pemerintahan. Teknologi informasi termasuk di dalamnya persandian telah memberikan kontribusi positif kepada masyarakat," kata Asisten Bidang Administrasi Umum, Nixon Watung, di Manado, Senin.

Dia mengatakan, melalui teknologi informasi ini segalanya menjadi lebih efektif dan efisien bahkan telah memberikan dampak positif terhadap peningkatan kesejahteraan, kemajuan dan peradaban manusia.

Menurut dia, kemajuan ilmu pengetahuan dan informasi teknologi membuka peluang semua rahasia negara dan pemerintah terbuka dan diakses melalui situs-situs tertentu, sehingga perlu dilakukan pengamanan ketat.

"Di sinilah fungsi persandian diperlukan untuk menjaga kerahasiaan negara dan pemerintah yang disesuaikan dengan perkembangan teknologi informasi agar keamanan rahasia negara dan pemerintah tetap terjaga," katanya.

Dia mengatakan, pada beberapa kasus ada informasi-informasi penting pemerintah dan strategis tersaji vulgar dan dikonsumsi masyarakat karena diperoleh dengan cara yang tidak prosedural.

"Karena itu peran sumberdaya manusia yang menguasai persandian, serta paham tentang teknologi informasi sangat dibutuhkan sehingga kerahasiaan dokumen negara tetap terjaga," katanya.katanya.

Mantan Sekretaris DPRD Provinsi Sulawesi Utara ini menambahkan, lembaga sandi negara perlu dibentuk di daerah sehingga mempermudah penyampaian informasi yang bersifat rahasia kepada pemerintah.

Pembentukan UPT lembaga sandi negara di Indonesia Timur akan dipusatkan di Kota Merauke, Indonesia Tengah dibangun di Kota Manado dan Indonesia Bagian Barat berada di Kota Batam. (ant/bm 10)
Diberdayakan oleh Blogger.