Header Ads

Serangan Ditargetkan ke Peziarah Syiah Tewaskan 49 Orang di Irak

Baghdad - Serangan menargetkan peziarah Syiah di Baghdad menewaskan sedikitnya 49 orang dan melukai setidaknya 75 pada Sabtu, kata para pejabat.

Perkiraan berbeda mengenai apakah serangan di daerah Adhamiyah utara Baghdad itu adalah sebuah bom yang kemudian diikuti oleh bom bunuh diri, atau bom bunuh diri saja.

Serangan itu terjadi saat peziarah berjalan ke kuil di Adhamiyah untuk memperingati kematian Imam Mohammed al-Jawad, imam kesembilan Syiah.

Irak adalah rumah bagi beberapa situs paling suci dalam Islam Syiah, dan jutaan peziarah mengunjungi tempat itu setiap tahun.

Tetapi kerumunan peziarah memadati jalan sering dijadikan target oleh gerilyawan garis keras Sunni termasuk yang terkait dengan Al-Qaida, yang menganggap Syiah sebagai murtad.

Kekerasan telah mencapai tingkat yang tidak terlihat sejak tahun 2008, dan ada kekhawatiran Irak mungkin kambuh ke dalam jenis pertumpahan darah serius antara Sunni-Syiah yang memuncak pada tahun 2006-2007 dan menewaskan puluhan ribu orang. (ant/bm 10)
Diberdayakan oleh Blogger.