Random Posts

header ads

Sekjen PBB Mintakan Pasukan Penjaga Perdamaianuntuk Republik Afrika Tengah

PBB - Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa Bangsa Ban Ki-moon Rabu meminta penyebaran 250 pasukan penjaga perdamaian untuk melindungi petugas dan fasilitas badan dunia itu di Republik Afrika Tengah yang bergolak.

Dalam sebuah surat kepada Dewan Keamanan PBB, Ban mengusulkan pembentukan satu "unit penjaga" untuk melindungi Kantor Pembentuksn Perdamaian Terpadu PBB di Republik Afrika Tengah (BINUCA).

Menurut salinan surat yang diperoleh AFP, unit yang diusulkan pada awalnya akan terdiri dari 250 personil militer yang dikerahkan di Bangui.

"Unit penjaga akan, dalam tahap kedua, meningkatkan kekuatannya untuk satu batalyon dari 560 personil militer, dalam rangka untuk secara progresif disebarkan ke lokasi-lokasi di luar Bangui di mana PBB telah hadir di sana," kata surat itu menambahkan.

"Mengingat mendesaknya situasi," Ban mengusulkan pengerahan kembali pasukan penjaga perdamaian PBB yang saat ini bekerja pada misi lain yang tidak disebutkan namanya.

Ketetapan untuk unit perlindungan dimasukkan di dalam Resolusi Dewan Keamanan PBB yang diadopsi pada 8 Oktober, yang menugaskan Ban untuk menyusun rincian komposisi dan mengirimkan tim penjaga perdamaian.

Republik Afrika Tengah telah dalam kekacauan sejak Maret lalu, ketika pemberontak Seleka menggulingkan Presiden Francois Bozize. (ant/bm 10)