Header Ads

Pemkab Jayapura Petakan Geologi untuk Pembangunan

Sentani - Pemetaan geologi teknik perlu dilakukan untuk mengembangkan pembangunan di wilayah Kabupaten Jayapura, Papua, kata Wakil Bupati Kabupaten Jayapura Robert Djoenso.

"Dengan tersedianya data geologi teknik di suatu daerah, kita harapkan mampu memecahkan konstruksi pembangunan, dan dapat mengurangi kesalahan-kesalahan dalam pengembangan wilayah dan penataaan ruang," ujar Robert dii Sentani, Senin.

Menurutnya, keunggulan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura yang terletak di bagian utara pulau Papua merupakan tempat paling dinamis yang menyediakan bahan baku dan pelayanan bagi perekonomian dan kesejahteraan penduduk.

"Wilayah ini juga menjadi kawasan yang mudah tumbuh dan cepat berkembang seperti hasil produksi pangan, transportasi, rekreasi, pemukiman, pertanian, kawasan industri dan sumber energi," tandasnya.

Sehingga, Robert melanjutkan, untuk mendukung pertumbuhan dan pengembangan wilayah maka Pemkab Jayapura berharap agar dalam pemetaan geologi teknik mampu memecahkan pekerjaan konstruksi pembangunan di wilayah Kabupaten Jayapura, khususnya di wilayah Pembangunan I Kabupaten Jayapura.

"Geologi teknik merupakan salah satu pengetahuan yang menggunakan informasi atau data dasar geologi yang diikuti pengalaman dan praktek untuk memecahkan masalah," tegasnya.

Robert menuturkan, untuk itu diminta kepada Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Jayapura agar berperan aktif dalam menyediakan data dasar geologi melalui kegiatan pemetaaan dan analisis geologi teknik Kota Sentani dan sekitarnya.

"Hal ini bertujuan agar bisa menjadi masukan bagi daerah," tukasnya.

Robert menjelaskan pihaknya meminta kepada Dinas Pertambangan dan Energi untuk harus berperan aktif sehingga bisa menjadi acuan bagi pelaksana dalam perbaikan mutu tanah atau batuan yang diperlukan bagi pembangunan di wilayah yang kurang ideal.

"Dihimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap bersama-sama memberikan masukan dalam rangka memperkaya hasil penyelidikan pemetaan geologi teknik di wilayah pembangunan I Kabupaten Jayapura," pungkasnya. (ant/bm 10)
Diberdayakan oleh Blogger.