Random Posts

header ads

Norwegia Tolak Permintaan Penghancuran Senjata Kimia Suriah

Oslo - Norwegia mengatakan, Jumat, tidak akan bisa mengakomodasi permintaan Amerika Serikat untuk membantu menghancurkan senjata kimia Suriah di tanah mereka dengan alasan jadual yang terlalu mepet.

"Dengan pengertian Amerika Serikat kami telah menyimpulkan bahwa.. tidak lagi tepat untuk mempertimbangkan Norwegia sebagai lokasi penghancuran (senjata)," kata Menteri Luar Negeri Boerge Brende.

Brende mengatakan keputusan tersebut didasarkan pada ketatnya jadual --semuanya harus sudah dihancurkan hingga pertengahan tahun depan-- serta adanya hambatan teknis dan hukum.

Dewan Keamanan PBB mengadopsi Resolusi 2118 pada September yang mengharuskan dihancurkannya seluruh persenjataan kimia Suriah, yang diperkirakan mencapai 1.000 ton, hingga 30 Juni tahun depan.

Resolusi itu merupakan langkah terakhir untuk mencegah serangan udara AS ke Suriah sebagai pembalasan atas dugaan penggunaan senjata kimia oleh rejim berkuasa terhadap rakyatnya sendiri.

Brende pada Rabu mengatakan pemerintahnya mempelajari dengan serius permintaan AS untuk menerima komponen-komponen dari persenjataan Suriah untuk dihancurkan di Norwegia.

Namun kemudian Menlu Norwegia menyatakan adanya hambatan untuk memenuhi permintaan itu, termasuk tidak adanya kepakaran serta infrastruktur yang dibutuhkan untuk menjalankan tugas tersebut. (ant/bm 10)