Random Posts

header ads

Korsel Latihan Militer di Kepulauan Sengketa

Seoul - Korea Selatan, Jumat, melakukan satu pelatihan militer yang bertujuan untuk memukul mundur setiap usaha mendarat di satu gugusan pulau kecil yang juga diklaim Jepang.

Pelatihan empat jam itu melibatkan lima kapal perang, pesawat-pesawat tempur dan helikopter-helikopter, dan menunjukkan "keinginan militer untuk mempertahankan" kepulauan Dokdo, kata seorang juru bicara Kementerian Pertahanan.

Kepulauan Dokdo, yang dikuasai Korsel tapi dikenal sebagai Takeshima di Jepang, telah menjadi menjadi satu sengketa wilayah yang pahit selama puluhan tahun antara kedua negara itu.

Pelatihan itu dilakukan pada saat Korsel memperingati "Hari Dokdo", yang ditetapkan empat tahun lalu dalam satu usaha untuk meningkatkan kedaulatan Korsel atas kepulauan itu.

Jepang menanggapi dengan marah pelatihan militer itu, dan Kepala Sekrtariat Kabinet Yoshihide Suga menyebutnya "sangat disesalkan".

"Kami telah melancarkan satu protes keras kepada Seoul melalui saluran-saluran diplomatik," kata Suga, yang menekankan kepulauan itu adalah bagian "integral" wilayah Jepang.

Korsel menganggap klaim Tokyo itu sebagai cermin dari kegagalan Jepang untuk menebus kekuasaan kolonialnya tahun 1910-1945 atas negara mereka. (ant/bm 10)