Random Posts

header ads

Kenapa Air Putih Bagus Diminum Saat Bangun Tidur

Banyak orang tua yang menyarankan untuk segera meminum air putih setelah tubuh kita terbangun. Saran dan kebiasaan tersebut ternyata memiliki manfaat positif bagi kesehatan tubuh manusia. Lantas seperti apakah manfaat minum air putih ketika baru bangun tidur?

Dilansir dari Health, jika kamu sedang dalam program menurunkan berat badan, atau ingin menjadikan tubuh lebih segar dan sehat, maka banyak manfaat yang akan diperoleh, diantaranya:

Menghidrasi sel
Ketika beristirahat panjang pada malam hari, tentu sangat wajar jika kita mengalami rasa haus ketika bangun tidur. Karena itu hidrasi menjadi hal yang penting dilakukan pada pagi hari sehingga mampu meningkatkan laju produksi otot dan darah.

Menurut dr Samuel Oentoro SpGK, umumnya tidur panjang selama 6-8 jam tidur tanpa terbangun dan tidak minum akan menimbulkan defisit air. Pasalnya pada saat tidur tubuh terus bekerja memperbaiki sel selain terjadi penguapan.

Kendati demikian, ia menyarankan untuk tidak minum terlalu banyak begitu bangun tidur, yaitu hanya sekitar 1-2 gelas saja. Menurutnya, jika terlalu banyak, volume darah akan meningkat dengan tajam dan membuat kerja jantung menjadi berat.

Detoks tubuh

Air perasaan lemon memiliki fungsi sebagai detoks alami. Begitu juga dengan mengkonsumsi air putih  di pagi hari dapat membuang racun dan memurnikan tubuh. Bukan saja membuat tubuh sehat, minum air juga membuat kulit lebih bersih dan segar. Selain itu, air juga berfungsi untuk membersihkan usus besar sehingga memperbaiki penyerapan nutrisi yang masuk kedalam tubuh.

Menurut dr Gillian McKeith, air putih sudah memiliki fungsi detoksifikasi tetapi manfaatnya akan optimal jika diberi perasan lemon. Menurutnya segelas air hangat dengan perasan lemon di pagi hari setelah bangun tidur membersihkan berbagai lendir tidak berguna dalam tubuh sehari sebelumnya. Sebaiknya, lakukan juga malam hari sebelum tidur.

Membantu mengurangi berat badan

Minum air begitu bangun tidur baik untuk sistem pencernaan. Inilah yang membuat cara ini efektif untuk mengurangi berat badan. Penelitian menunjukkan, minum air saat perut kosong di pagi hari dapat meningkatkan laju metabolisme sepanjang hari. Air juga membuat rasa kenyang sehingga dapat menunda lapar.

Mencegah sakit

Jika kamu sering mengalami sakit, mungkin itu sebagai pertanda dari tubuh kali tubuh sedang kekurangan cairan. Air merupakan hal penting dalam menjaga keseimbangan sistem tubuh melawan infeksi. (Sumber: DreamersRadio.com)