Random Posts

header ads

Spurs Menang untuk Hapus Tekanan pada Villas-Boas

Paris - Tottenham Hotspur menang 2-0 atas Tromso di Norwegia pada Kamis, untuk mengamankan peringkat pertama di klasemen Grup K Liga Europa dan menghapus tekanan terhadap pelatih Andre Villas-Boas.

Laporan-laporan di Inggris pada beberapa hari terakhir menyebutkan bahwa pekerjaan sang pelatih asal Portugal berada dalam bahaya setelah timnya kalah 0-6 dari Manchester City di Liga Utama Inggris pada Minggu lalu, dan penampilan di bawah standar saat timnya melakukan perjalanan ke Lingkaran Arktik akan membuat dirinya menghitung hari-harinya di London, bahkan meski Spurs telah memastikan lolos ke babak 32 besar sebelum pertandingan ini.

Hanya Michael Dawson dan Roberto Soldado yang tetap menghuni tim inti dari tim yang takluk dari City, dan Spurs yang banyak melakukan perubahan harus menunggu sampai babak kedua sebelum akhirnya mampu memecah kebuntuan ke tim yang telah terdegradasi ke strata kedua Norwegia.

Gol pembuka di Stadion Alfheim tidak hadir sampai menit ke-63, ketika Adnan Causevic memasukkan bola ke gawangnya sendiri saat ia mendapat tekanan dari Vlad Chiriches, dan klub London itu menggandakan keunggulan mereka ketika Gylfi Sigurdsson memberi umpan kepada Mousa Dembele untuk ditembakkan dari jarak 12 yard saat pertandingan tinggal menyisakan 14 menit.

Upaya Dembele menghantam mistar beberapa saat kemudian, namun skor 2-0 sudah cukup untuk mempertahankan rekor sempurna Tottenham di Grup K dan mendongkrak kepercayaan diri menjelang pertandingan Liga Utama Inggris melawan Manchester United pada Minggu.

Anzhi Makhachkala juga melaju ke babak 32 besar, setelah bermain imbang 1-1 saat menjamu tim Moldova Sheriff Tiraspol di Rusia, dan beberapa klub yang menjadi tuan rumah juga memastikan langkah ke babak berikutnya.

Raksasa Prancis Olympique Lyon, yang mengalami awal sulit pada musim ini, mencatatkan kemenangan 1-0 atas tamunya Real Betis dari Spanyol, ketika Batefimbi Gomis tampil sebagai pemain pengganti untuk mencetak gol semata wayang di pertandingan Grup I ini pada babak kedua di Stade de Gerland.

Meski kalah, Betis juga melaju, rekor pertemuan mereka terhadap Vitoria Guimaraes - yang bermain imbang 0-0 dengan Rijeka di Kroasia - menggaransi mereka duduk di peringkat kedua.

Genk dari Belgia melaju dengan menyisakan satu pertandingan yang belum dimainkan di Grup G setelah menang 3-1 atas tamunya Dynamo Kiev, sedangkan kemenangan 2-0 yang diraih Lazio atas lawannya Legia Warsaw di Polandia membuat mereka mendampingi Trabzonspor untuk lolos dari Grup J.

Dua mantan finalis Piala UEFA AZ Alkmaar dari Belanda dan PAOK dari Yunani sekarang melaju dari Grup L, sedangkan Sevilla berhak lolos dari Grup H meski hanya mampu bermain imbang 1-1 dengan tamunya Estoril.

Di antara sejumlah pertandingan yang dimainkan lebih sore pada Kamis, Swansea City menjamu Valencia di Stadion Liberty sambil mencari satu angka yang akan mengamankan laju mereka ke fase gugur. (ant/bm 10)