Random Posts

header ads

Juve dan Napoli Pangkas Jarak dengan Roma

Milan - Juventus menang 4-0 atas Catania dan Napoli meraih kemenangan 2-1 saat bertandang ke markas Fiorentina untuk memangkas jarak menjadi dua angka dengan pemuncak klasemen Liga Italia AS Roma pada Rabu.

Roma, yang mengukir rekor liga pada pekan lalu dengan memenangi sembilan pertandingan pembuka, akan bertekad meneruskannya menjadi sepuluh pertandingan berturut-turut pada Kamis ketika mereka menjamu tim juru kunci Chievo Verona di Stadion Olimpico.

Chievo, yang mengoleksi empat angka dan satu kemenangan sepanjang musim ini, kelihatannya akan menjadi korban terkini dari Roma yang telah mengalahkan Inter Milan, Napoli, dan Lazio.

Bagaimanapun, Juventus dan Napoli, menghindari celah di antara mereka semakin lebar dengan terus menempel pasukan Rudi Garcia.

Juara bertahan Juventus tampil sangat baik di Turin di mana gelandang Chile Arturo Vidal memulai pesta gol timnya dengan sepakan pada menit ke-28, sebelum Andrea Pirlo menggandakan keunggulan timnya melalui tendangan bebas.

Carlos Tevez mengubah skor menjadi 3-0 sebelum menit ke-60 dan pasukan Antonio Conte memastikan raihan tiga angka ketika Leonardo Bonucci dapat bergerak ke depan dan menyambar umpan mendatara Sebastian Giovinco.

Tampil di kandang Fiorentina, yang mengejutkan Juve dengan bangkit dari ketinggalan dan kemudian menang 4-2 dua pekan silam, Napoli diperkirakan harus bekerja keras demi membawa pulang angka.

Bagaimanapun, pasukan Rafael Benitez tidak pernah berada di bawah tekanan, dan mereka membuka keunggulan pada menit ke-12 setelah Gonzalo Higuain mengirim umpan silang dari sisi kanan untuk dituntaskan pemain Spanyol Jose Callejon yang menaklukkan kiper Neto dengan seakan "first time." Fiorentina mampu segera menyamakan kedudukan melalui eksekusi penalti Giuseppe Rossi, setelah Borja Valero dilanggar di kotak terlarang.

Gol itu membuat Rossi memimpin daftar penyerang tersubur dengan sembilan gol, namun kegembiraan dirinya dan Fiorentina tidak bertahan lama. Napoli merestorasi keunggulan mereka pada menit ke-36 ketika Dreis Mertens melaju tanpa hadangan menuju kotak penalti tuan rumah untuk menaklukkan Neto dengan tembakan menyudut.

Fiorentina menyia-nyiakan sejumlah peluang untuk menyamakan kedudukan pada babak kedua, Rossi melepaskan tembakan dari sudut yang sempit sehingga bola melebar dan kemudian sepakan melengkungnya dapat digagalkan Reina.

Gelandang Napoli Christian Maggio diusir keluar lapangan pada menit ke-80 karena mendapat kartu kuning kedua, namun saat Fiorentina berjuang untuk menyamakan kedudukan, mereka juga harus bermain dengan sepuluh pemain ketika Juan Cuadrado mendapat kartu merah karena dianggap melakukan "diving" setelah ia terjatuh di area terlarang di bawah hadangan Gokhan Inler.

Dengan tim pendatang baru liga Verona yang mengamankan kemenangan 2-0 atas tamunya Sampdoria, kekalahan kedua Fiorentina membuat mereka turun satu posisi ke peringkat keenam, tertinggal sembilan angka dari Roma dan tujuh angka di belakang Napoli dan Juventus.

Dengan pelatih Massimiliano Allegri berada di bawah pengawasan ketat, AC Milan berjuang keras untuk mendapatkan tiga angka saat menjamu Laio dan mereka memulai perjalanannya ketika Kaka mencetak gol individual yang aneh pada awal babak kedua.

Bagaimanapun, tuan rumah terkejut ketika bek Prancirs Michael Ciani mencetak gol penyama kedudukan pada menit ke-72.

Miroslav Klose kemudian membuang peluang untuk mengamankan angka bagi tim tamu setelah tembakannya mengarah lurus ke kiper Milan Gabriel, menyusul serangan balik yang diluncurkan pemain Nigeria Ogenyi Onazi.

Di tempat lain, Bologna mendapatkan kemenangan keduanya musim ini, menang 3-0 atas tuan rumah Cagliari, untuk mendapatkan tiga angka yang menjauhkan mereka dari zona degradasi.

Sepakan Luis Muriel mengamankan tiga angka bagi Udinese yang menang 2-1 atas tuan rumah Sassuolo, sedangkan penalti Alessio Cerci pada menit ke-87 mengamankan hasil imbang 3-3 bagi Torino yang melawat ke Livorno. (ant/bm 10)