Header Ads

Jayapura Butuh 40 Kantong Darah Per Bulan

Sentani - Kabupaten Jayapura, Papua, membutuhkan 40 kantong darah setiap bulannya untuk memenuhi kebutuhan darah di wilayah ini, kata Ketua Perhimpunan Pendonor Darah Indonesia (PPDI) Kabupaten Jayapura Yanuar.

"Kami berharap semua masyarakat bisa berpartisipasi aktif untuk mendonorkan darahnya jika memiliki kesehatan tubuh. Di samping kita mendonorkan darah, kita juga bisa menjaga kesehatan dan kebersihan darah yang ada di tubuh kita ini," katanya kepada Antara di Sentani, Jumat.

Yanuar menuturkan sehingga bertambahnya kebutuhan darah akan tetap mengintensifkan para pendonor sukarela untuk menyumbangkan darah mereka.

"Jumlah anggota PPDI di wilayah Kabupaten Jayapura semakin hari semakin bertambah hingga kini mencapai 980 anggota," jelasya.

Menurutnya, yang menjadi anggota PPDI pada akhir bulan September sudah mencapai 980 orang, dibandingkan dengan beberapa bulan lalu yang hanya mencapai 700 orang, dimana pihaknya patut bersyukur karena semakin bertambah anggota maka semakin banyak pula stok darah.

"Setiap petugas dihimbau untuk melakukan donor darah, maka secara otomatis mereka sudah menjadi anggota PPDI, dan bagi yang sudah ditetapkan sebagai anggota akan direncanakan untuk dilengkapi dengan kartu anggota," urainya.

Oleh sebab it,u pihaknya bersama sejumlah anggota yang ada akan terus berupaya meningkatkan stok darah untuk melayani masyarakat yang sewaktu-waktu membutuhkan transfusi darah.

"Salah satu contoh, saat kegiatan HUT Perhubungan Kabupaten Jayapura diperoleh sebanyak 110 kantong darah, ditambah dengan kegiatan pendonoran darah di sejumlah sekolah di wilayah Kabupaten Jayapura," pungkasnya. (ant/bm 10)
Diberdayakan oleh Blogger.