Random Posts

header ads

Enam Sekolah di Biak Uji Coba Kurikulum 2013

Biak - Enam sekolah jenjang pendidikan SD, SMP dan SMA/SMK di Kabupaten Biak Numfor, Papua, memberlakukan uji coba pelaksanaan Kurikulum Pendidikan Nasional 2013 kepada siswa setempat.

Data Dinas Pendidikan Biak, Rabu, menyebutkan bahwa enam sekolah di Biak yang telah menjalankan uji coba kurikulum baru itu, di antaranya SD Inpres Aru, SD YPK Ruth, SMP Negeri 1, SMP Negeri 5, SMA Negeri 1 serta SMK Negeri 1 Bosnik, Distrik Biak Timur.

Menurut Sekretaris Dinas Pendidikan Biak Kamaruddin S.Pd saat dihubungi mengatakan bahwa hasil monitoring Dinas Pendidikan di enam sekolah menyelenggarakan uji oba kurikulum baru telah berlangsung lancar sesuai jadwal kegiatan belajar mengajar siswa di sekolah berdangkutan.

"Untuk evaluasi Kurikulum 2013 belum bisa dilakukan karena masih dalam pelaksanaan uji coba penerapan pembelajaran semua mata pelajaran," katanya.

Ia mengakui pelaksanaan Kurikulum 2013 akan dievaluasi setelah enam bulan atau satu tahun lewat penilaian hasil beajar mata pelajara yang diujicobakan lewat pemberlakuan kurikulum baru pendidikan yang berlaku secara nasional.

Di sekolah yang menerapkan Kurikulum 2013, menurut Kamaruddin, ada sejumlah guru yang dipersiapkan mengikuti pelatihan penerapan kurikulum baru di lembaga penjamin mutu pendidikan di Jayapura.

"Setiap sekolah paling sedikit dua guru yang diberikan pelatihan pelaksanaan kurikulum 2013 sehingga sangat membantu kelancaran proses belajar mengajar dalam pemberlakuan kurikulum baru ini," ujar Sekretaris Dinas Pendidikan Kamaruddin.

Menyinggung peran masyarakat mengawasi pelaksanaan kurikulum baru tersebut, Kamaruddin mengatakan bahwa pihaknya sudah dilibatkan melalui lembaga komite sekolah bersangkutan yang representasi perwakilan orang tua siswa ataupun masyarakat sekitar sekolah.

"Keberhasilan uji coba di lingkup Dinas Pendidikan Kabupaten Biak Numfor itu menjadi tanggung jawab pihak sekolah, dewan guru, orang tua maupun siswa sendiri sebagai kelompok target sasaran implementasi kurikulum pendidikan," ujar Kamaruddin.

Berdasarkan data Dinas Pendidikan Biak Numfor pada Tahun Ajaran 2013/2014 mendapat kepercayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI menjadi daerah di Papua sebagai pemberlakuan uji coba kurikulum pendidikan secara nasional. (ant/bm 10)