Random Posts

header ads

Dortmund Akan Balas Dendam Dalam Pertemuan Derbi Ruhr

Berlin - Dalam kondisi masih segar setelah mengalahkan Arsenal pada laga tandang Liga Champions medio minggu ini, Borussia Dortmund akan mencoba melakukan balas dendam dalam perjalanan pendek ke kandang Schalke pada laga derbi Ruhr, Sabtu.

Dortmund mendapat pujian besar musim lalu ketika maju ke babak final Liga Champions musim lalu, tetapi pendukung mereka tidak akan melupakan kenyataan ketika mereka kalah atas tim tetangga yang bermarkas hanya 30 km dari tempat mereka.

Kemenangan di Veltins Arena akan membuat anak asuh Jurgen Klopp itu unggul satu tingkat di atas tim Royal Blues sekaligus melakukan tekanan atas Bayern Munich, klub puncak yang minggu ini unggul satu poin di atas Dortmund dan Bayer Leverkusen.

Sedangkan Dortmund mengalahkan Arsenal 2-1 di London dan Schalke juga akan beraksi dalam laga Liga Champions, Selasa, setelah mereka kalah 0-3 di kandang atas Chelsea.

Pasukan Jens Keller itu kalah satu kali dalam enam laga tandang mereka pada kompetisi Bundesliga, kalah 0-4 di kandang atas Bayern, tetapi mereka mengalahkan Leverkusen di kandang musim ini dan mengulang kemenangan 2-1 mereka pada laga derbi Maret lalu, ketika Klaas-Jan Huntelaar mencetak gol penentuk dalam kemanganan 2-1.

"Kami dibayangi hasil permainan musim lalu sehingga kami harus melakukan yang terbaik pada kompetisi musim ini," kata Klopp.

Bagi Schalke, Huntelaar boleh saja absen tapi Kevin-Prince Boateng dalam kondisi prima melawan tim yang sempat digabunginya pada musim 2008-09 itu.

Ketika menandatangani kontak dengan klub Gelsenkirchen, ia harus menarik ucapanya sebelumnya yang mengatakan Dortmund sebagai "tim favoritnya". Persaingan antara kedua klub itu amat tajam, dan secara alamiah tidak padam dengan hadirnya bek murni Schalke, Atsuto Uchida dari Jepang.

"Ketika saya tiba di Jerman, saya diminta agar tidak mengenakan segala sesuatu yang berwarna kuning. Begitu tajamnya persaingan itu," katanya.

"Tidak ada yang menginginkan kami kalah atas Dortmund -- dan kami mengalahkan mereka dua kali musim lalu. Mereka tim bagus, tapi kami akan melakukan segala hal yang kami miliki untuk mengalahkan mereka," katanya.

Setelah dicoba dan menang pada laga derbi perteama, Keller diharapkan dapat melakukan hal sama saat tampil di lapangan minggu ini.

"Anda dapat merasakan demam laga derbi dimana-mana. Setiap orang tahu betapa spesialnya pertandingan ini," kata tokoh yang mendapat tekanan berat awal musim ini ketika Schalke baru mendapatkan satu poin dari tiga pertandingannya.

Pada laga lainnya Sabtu, Bayern akan mempertahankan laga belum terkalahkan ke-34 dalam kompetisi Bundesliga, ketika mereka menjamu Hertha Berlin, klub ibukota yang berada di tangga keempat klasemen.

Bila mereka menang, pasukan juara bertahan Pep Guardiola itu akan berada di puncak dan tetap belum terkalahkan setahun ini sejak kandas 1-2 atas Leverkusen pada 28 Oktober 2012.

Bayern, yang mendekati rekor Hamburg selama 30 tahun belum terkalahkan, tidak akan diperkuat pemain striker veteran dari Peru Claudio Pizarro dalam enam minggu ini, karena ia mengalami cedera pada otot pahanya saat berlatih.

Ini menyebabkan klub itu hanya memiliki Mario Mandzukic sebagai pemain tengah menyerang, sehingga kelihatannya Guardiola harus berani menurunkan Thomas Mueller atau Mario Goetze.

Setelah terjadi gol kontroversial Stefan Kiessling yang memenangkan Leverkusen 2-1 di Hoffenheim, tim Sami Hyypia itu mengalahkan Shakhtar Donetsk 4-0 pada laga Liga Champions, Rabu, dan kini akan menjamu Augsburg pada laga Sabtu.

Pada pertandingan lainnya Sabtu, tim urutan ke-16 Nuremberg masih belum mengantongi kemenangan sampai turun Jumat melawan Stuttgart dan kelihatannya akan menjadi pertandingan pertama pemain dari Belanda Gertjan Verbeek sejak ia ditunjuk menggantikan pelatih yang dipecat Michael Wiesinger.

Pertandingan minggu ini (kick-offs 1330 GMT kecuali ditulis berbeda).

Jumat VfB Stuttgart v Nuremberg (1830 GMT) Sabtu Bayern Munich v Hertha Berlin, Schalke 04 v Borussia Dortmund, Bayer Leverkusen v Augsburg, Hanover 96 v Hoffenheim, Mainz v Eintracht Braunschweig, Wolfsburg v Werder Bremen (1630 GMT) Minggu Freiburg v Hamburg, Borussia Monchengladbach v Eintracht Frankfurt (1530 GMT). (ant/bm 10)