Header Ads

Delapan Orang Tewas Dalam Ledakan Bom di Irak

Baghdad -  Satu bom di pinggir jalan meledak dekat satu truk yang membawa para pekerja di Irak, Rabu, menewaskan delapan orang, kata seorang personil polisi dan seorang karyawan rumah sakit.

Ledakan di selatan Baghdad itu juga mencederai tujuh orang, kata mereka.

Aksi kekerasan di Irak mencapai tingkat yang tidak pernah terjadi sejak tahun 2008, ketika negara itu baru saja lepas dari satu konflik sektarian yang kejam.

Aksi kekerasan yang meningkat tahun ini menimbulkan kekhawatiran akan terjadi kembali pertumpahan darah yang meningkat antara kelompok Sunni dan Syiah yang mencapai puncaknya tahun 2006-2007 dan menewaskan puluhan ribu orang.

Para diplomat dan pengamat mengatakan kegagalan pemerintah yang dipimpin Syiah untuk mengatasi keluhan-keluhan minoritas Arab Sunni -- yang memprotes tidak mengikutsertakan mereka dalam putusan politik dan perlakuan kejam pasukan keamanan-- telah meningkatkan aksi kekerasan.

Dengan aksi kekerasan terbaru itu, lebih dari 200 orang tewas sampai bulan ini dan lebih dari 4.900 orang sejak awal tahun ini, kata data AFP mengutip sumber-sumber keamanan dan medis. (ant/bm 10)
Diberdayakan oleh Blogger.