Random Posts

header ads

41 Tewas Dalam Baku Tembak Kurdi-Pemberontak Suriah

Beirut - Setidak-tidaknya, 141 petempur tewas dalam kekerasan melibatkan suku Kurdi dan kelompok garis keras Islam di Suriah timurlaut, kata kelompok pemantau pada Rabu.

Petempur dari beberapa desa di provinsi kaya minyak Hasake terlibat bakutembak dengan kelompok pemberontak Suriah, yang besekutu dengan Alqaida, yaitu Negara Islam Irak dan Levant (ISIL) serta Kubu Al-Nusra, kata Observatorium untuk Hak Asasi Manusia.

Setidak-tidaknya, 41 petempur termasuk 29 ISIL, Front Al-Nusra dan para petempur Islam," kata Observatorium itu dan menambahkan seorang yang tewas adalah pemimpin lokal Al-Nusra asal Mesir.

Juga tewas "12 petempur dari Komite untuk Perlindungan Rakyat Kurdi" (UPG), kata kelompok yang bermarkas di Inggris itu.

Baku tembak terjadi di daerah berpenduduk sebagian besar Kurdi selama beberapa bulan,sementara ISIL berusaha mengusir YPG dari daerah yang berada dalam kekuasaannya.

Babak terbaru pertempuran di Hasake itu meletus Selasa pagi, dan para petempur YPG berhasil merebut satu pos pemeriksaan ISIL.

Para pengamat mengatakan ISIL bertujuan melumpuhkan persaingan dari kelompok bersenjata lain, yang giat di daerah itu di luar kekuasaan pasukan pemerintah Presiden Bashar al-Assad, dan perangnya dengan pemberontak Kurdi adalah bagian dari strateginya untuk menguasai wilayah itu dan sumber-sumber alamnya. (ant/bm 10)