Random Posts

header ads

47 Orang Hilang Setelah Kapal Nelayan Terbalik Diterjang Topan

Haikou - Sebanyak 47 orang hilang, setelah dua kapal penangkap ikan tenggelam diterjang topan di Laut China Selatan, kata dinas kelautan pada Senin Kapal itu, keduanya dari Provinsi Guangdong di China Selatan, hilang pada Ahad sore, saat mereka berusaha berlayar meskipun ada angin kencang di dekat Kepulauan Xisha, sekitar 330 kilometer dari Provinsi Pulau Hainan di China, kata beberapa sumber di pusat pencarian dan pertolongan martim Hainan.

Hingga pukul 09.30, Senin, petugas pertolongan telah menemukan 13 penyintas, kata sumber itu, sebagaimana dilaporkan Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Senin. Ditambahkannya, operasi pencarian dan pertolongan masih berlangsung.

Secara keseluruhan lima kapal nelayan yang membawa sebanyak 171 orang terjebak Topan Wutip, yang ke-21 pada musim ini. Selain dengan kedua kapal yang diketahui tenggelam, kontak juga telah terputus dengan kapal ketiga.

Dinas kelautan China pada Ahad meningkatkan peringatan gelombang dari kuning ke oranye, yang tertinggi kedua dari sistem peringatan cuaca empat tingkat dengan empat warna.

Pusat Ramalan Lingkungan Hidup Kelautan Nasional memperingatkan mengenai gelombang badai dari Ahad sampai Senin di Provinsi Guangdong, Hainan dan Guangxi.

Topan Wutip diramalkan mendarat di pantai Vietnam Tengah pada Selasa. (ant/bm 10)