Random Posts

header ads

SBY lantik Panglima TNI dan Kasad baru di Istana Negara

Jakarta - Hari ini, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan melantik Jenderal Moeldoko sebagai Panglima TNI menggantikan Laksamana Agus Suhartono. Tak hanya itu, pelantikan juga dilakukan terhadap Letjen Budiman sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) yang baru saja ditinggalkan Moeldoko.

Berdasarkan agenda yang diterima dari Biro Pers, Media dan Informasi Istana Kepresidenan, Jumat (30/8), pelantikan tersebut dilakukan di Istana Negara, Jakarta. Upacara pelantikan ini akan dimulai sekitar pukul 10.00 WIB.

Moeldoko dan Budiman akan membaca sumpah jabatan di hadapan SBY disaksikan sejumlah pejabat kementerian dan lembaga negara. Upacara pelantikan ini sendiri diakhiri dengan tanda tangan berita acara serta acara ramah tamah dengan para tamu.

Sebelum menjabat sebagai Panglima TNI, Moeldoko sebelumnya menduduki posisi Kasad mengantikan Jenderal (Purn) Pramono Edhie Wibowo yang pensiun. Jabatan tersebut diembannya sejak Rabu (22/5) lalu, dan tiga bulan berikutnya langsung diangkat menjadi Panglima.

Sementara, sebelum menjadi Kasad, Budiman pernah menjadi Wakil Kepala Staf TNI AD. Ia menjadi Sekjen Kemhan menggantikan Marsekal Madya Eris Herryanto yang kembali ke Mabes TNI AU untuk memasuki masa pensiun.

Setelah melakukan pelantikan, SBY akan mengikuti acara halal bihalal dan menyaksikan pertunjukkan ketroprak Tokoh Pawitandurogo. Acara ini sendiri digelar pukul 19.30 WIB di di Gedung Sasono Langen Budoyo, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur. (Sumber: Merdeka.com)