Random Posts

header ads

Puluhan Perwira Menengah dan Tinggi Dimutasi, 11 Diantaranya Kapolda

JAKARTA - Mutasi besar-besaran terjadi di tubuh Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Berdasarkan surat Telegram Rahasia bernomor ST/1194/VI/2013 yang diterima wartawan Sabtu (8/6/2013), sebanyak 76 perwira menengah dan perwira tinggi dimutasi. Diantaranya adalah 11 jabatan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda).

Karopenmas Divisi Humas Mabes Polri Brigadir Jenderal Boy Rafli Amar membenarkan adanya pemutasian beberapa perwira tinggi, termasuk jabatan 11 Kapolda. ''Untuk penyegaran dan promosi,'' kata Boy, Sabtu (8/6/2013).

Sebelas Kapolda yang di mutasi itu diantaranya, Kapolda Jawa Barat yang selama ini dijabat oleh Inspektut Jenderal Tubagus Anis Angkawijaya digantikan oleh Inspektur Jenderal Suhardi Alius yang sebelumnya menjabat Kadiv Humas Polri. Sedangkan Tubagus Anis akan menduduki jabatan baru sebagai Kadiv Telematika Polri.

Lalu, Kapolda Jawa Tengah Inspektur Jenderal Didiek Sutomo Triwidodo digantikan oleh Inspektur Jenderal Dwi Priyatno yang selama ini menjabat Sahlisospol Kapolri. Sedangkan Didiek akan menduduki jabatan barunya sebagai Wakabaintelkam Polri.

Kapolda Jawa Timur Inspektur Jenderal Hadiatmoko digantikan oleh Inspektur Jenderal Unggung Cahyono yang sebelumnya menjabat Kakorbrimob. Sedangkan Hadiatmoko akan menjadi Pati Mabes Polri.

Kapolda Sumut Inspektur Jenderal Pol Wisnu Amat Sastro digantikan oleh Inspektur Jenderal Syarief Gunawan yang sebelumnya menjabat Widyaiswara Utama Sespim Lemdikpol Polri. Sedangkan Wisjnu Amat Sastro akan menduduki jabatan baru sebagai Wakabaharkam Mabes Polri.

Kapolda Riau Brigadir Jenderal Suedi Husen digantikan oleh Brigadir Jenderal Condro Kirono yang selama ini menjabat Karobinops Sos Polri. Sedangkan Suedi Husen akan menduduki jabatan baru sebagai Kasespimmen Sespim Polri Lemdikpol.

Kapolda Kepulauan Riau Brigadir Jenderal Jotje Mende digantikan oleh Brigadir Jenderal Endjang Sudrajat yang selama ini menjabat Dirsosbud Baintelkam. Sementara Jotje Mende akan menduduki jabatan baru sebagai Kasespimti Sespim Polri Lemdikpol.

Kapolda Jambi Brigadir Jenderal Husen Karta Dipoera akan digantikan oleh Brigadir Jenderal Satriya Hari Prasetya yang sebelumnya menjabat Karorenmin Bareskrim. Sedangkan Husen Karta akan menduduki jabatan barunya sebagai Widyaiswara Utama Sespim Lemdikpol Polri.

Kapolda Kalimantan Tengah Brigadir Jenderal Bachtiar Hasanuddin Tambunan digantikan oleh Brigadir Jenderal Djoko Mukti Haryono yang selama ini menjabat Analis Kebijakan Utama Bidang Kamneg Baintelkam Polri. Sementara Bachtiar akan menduduki jabatan baru sebagai Inspektur I Inspektorat BNN.

Kapolda Kalimantan Timur Inspektur Jenderal Anas Yusuf digantikan oleh Brigadir Jenderal Dicky D Atotoy yang sebelumnya menjabat Kapolda Sulut. Sedangkan Anas menduduki jabatan baru sebagai Wakabareskrim.

Kapolda Sulawesi Selatan Inspektur Jenderal Mudji Waluyo digantikan oleh Inspektur Jenderal Burhanuddin Andi yang selama ini menjabat Widyaiswara Utama Sespim Lemdikpol Polri. Sedangkan Mudji menduduki jabatan baru sebagai Sahlisospol Kapolri.
Kapolda Sulawesi Utara yang ditinggalkan Brigadir Jenderal Dicky D Atotoy akan diisi oleh Brigadir Jenderal Robby Kaligis yang sebelumnya menjabat Irwil V Itwasum Polri. (**)