Random Posts

header ads

Buah-Buahan dan Sayuran-Sayuran yang Dapat Cegah Kanker!

KALIMAT ‘lebih baik mencegah daripada mengobati’ seperti memang sepenuhnya benar. Apalagi jika kita membahas mengenai kanker. Mencegah kemungkinan terjadinya penyakit kanker amat penting dibandingkan dengan terjangkit penyakit yang belum ditemukan obatnya tersebut. Salah satu cara mencegah kanker dapat dengan lumayan mudah untuk dilakukan, salah satunya dengan makanan.

Berikut merupakan tujuh buah dan sayuran yang dipercaya dapat melawan tumbuhnya sel kanker:

Tomat

Selain vitamin A, tomat juga mengandung sneyawa lycopene yang membantu mencegah kanker payudara dan kanker paru-paru. Lycopene dalam tomat yang sudah dimasak dapat mudah diserap oleh tubuh. Oleh karena itulah sup tomat sangat baik untuk tubuh.

Bawang putih dan bawang merah

Bawang putih dan bawang merah merupakan makanan yang berisi banyak senyawa seperti allicin yang mampu melindungi tubuh dari kanker kulit, paru-paru, dan usus.

Sayuran berdaun gelap

Sayuran berdaun gelap yang mengandung serat, nutrisi, dan mineral memang tak diragukan lagi kesehatannya. Sayuran seperti bayam merah, selada merah, bit, dan kubis merah mengandung banyak sekali antioksidan yang disebut karoten yang membantu radikal dalam tubuh.

Anggur

Anggur mengandung banyak zat kimia yang disebut resveratol. Zat tersebut merupakan antioksidan kuat yang dapat membunuh sel-sel kanker dan mencegah sel dari kerusakan.

Sayuran silangan

Sayuran yang tergolong dalam keluarga ‘brassicaceae’ disebut sebagai sayuran hasil silangan. Sayuran seperti kubis, brokoli, dan kembang kol merupakan sayuran hasil silangan. Sayuran tersebut mengandung antioksidan yang membantu mengurangi resiko kanker.

Biji-bijian

Sebagian besar biji-bijian dapat membantu mencegah sebagaian besar kanker. Selain mengandung beberapa senyawa yang melawan kanker dalam tubuh, biji-bijian juga kaya akan serat, phytoestrogen dan antioksidan lain yang dapat melawan kanker dan melindungi tubuh dari sel-sel kanker.

Jamur

Sama seperti bawnag putih dan bawang merah, jamur juga mengandung beberapa senyawa yang mengandung kanker. Jamur juga membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Semua yang baik berasal dari semua hal yang kecil. Tak ada salahnya kan jika mengonsumsi salah satu dari buah dan sayuran tersebut di menu makanmu setiap hari?

(Sumber: DREAMERSRADIO.COM)