Random Posts

header ads

Wagub Buka Festival Seni Qasidah Tingkat Maluku

AMBON – MALUKU. Festival Seni Qasidah Tingkat Provinsi Maluku Tahun 2012, dibuka dengan resmi oleh Wakil Gubernur Maluku, Said Assegaff, Selasa (10/4) di gedung Ashari Ambon, dibawa tema “dengan festival seni Qasidah Tingkat Provinsi Maluku Tahun 2012 kita bangkitkan semangat bersama masyarakat untuk mensukseskan MTQ Nasional XXIV di kota Ambon.”

Wagub dalam sambutannya mengatakan, Festival ini terselenggara sebagai momentum untuk memilih duta-duta qasidah terbaik yang akan dipersiapkan untuk mengikuti Festival Seni Qasidah Tingkat Nasional, sekaligus untuk mempersiapkan group qasidah terbaik Maluku yang nantinya akan ditampilkan pada event MTQ Nasional XXIV, baik pada saat acara pembukaan dan penutupan MTQ Nasional, maupun pada saat lomba MTQ berlangsung.

Sebagai bagian integral dari pengembangan budaya bangsa, maka Seni Qasidah tentu memiliki tujuan dan sasaran yang sama, namun berbeda dalam bentuk penyampaiannya dengan Cabang Seni yang lain. Sama, dalam hal menumbuhkan kreatifitas dan impresiasi yang kuat dalam karya budaya, namun berbeda dalam pengungkapannya yang lebih berkesan religius.

Syair-syair yang terdapat dalam Seni Qasidah yang bernuansa islami, berisikan tentang hal-hal positif yang mengajak orang untuk taat kepada ajaran-ajaran agama, membangun budi pekerti dan akhlaq, serta melarang kepada bentuk kejahatan dan kemungkaran.

Seni Qasidah ini kata Wagub, diharapkan dapat menghasilkan musisi-musisi handal dan berkualitas serta mampu bersaing di event nasional maupun internasional, sebagaimana yang telah ditunjukkan oleh duta-duta qasidah Maluku pada Festival Qasidah Tingkat Nasional di Kota Ambon Tahun 2007 dengan meraih predikat sebagai Juara Umum.

“Berkaitan dengan pelaksanaan MTQ Nasional XXIV nanti, maka saya menghimbau kepada seluruh komponen masyarakat, bahwa Sebagai Tuan Rumah Penyelenggara MTQ Nasional, kita harus mampu menunjukkan jati diri kita sebagai masyarakat yang berbudaya, penuh kekeluargaan, ramah tamah, toleran, dan selalu siap untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada Kafilah MTQ dan para tamu yang datang dari 32 Provinsi se Indonesia,” demikian kata Wagub.

Jenis festival yang dilombakan pada Lasqi tahun ini, adalah lomba bintang vocalis seni dangdut tingkat anak-anak, tingkat remaja, tingkat dewasa putra dan putri, serta group kolaborasi.

Peserta festival vocalis dangdut, berasal dari 5 kabupaten/kota di Provinsi Maluku antara lain kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) sebanyak 6 orang, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) sebanyak 6 orang, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) 5 orang, Kabupaten Buru sebanyak 5 orang, Kabupaten Buru Selatan (Bursel) sebanyak 6 orang, dan kota Ambon sebanyak 6 orang, seluruhnya berjumlah 34 orang.

Peserta group Kolaborasi, berasal dari 4 kabupaten/kota, Kabupaten SBT sebanyak 1 group, Kabupaten Buru 1 group, Kabupaten Bursel 1 group, kota Ambon 1 group, dengan jumlah adalah 4 group yang terdiri sebanyak 80 orang. Jumlah peserta Lasqi seluruhnya berjumlah 124 orang.

Kegiatan festival tersebut dimulai pada 10 April dan akan berakhir pada 12 April 2012 di gedung Ashari Ambon. Secara khusus tujuan Lasqi tahun 2012 adalah untuk mempersiapkan vocalis dan group terbaik untuk mengikuti festival Qasidah tingkat Nasional tahun 2012. (bm 10)

Posting Komentar

0 Komentar