Random Posts

header ads

Minim Pengelolaan Lokasi Wisata Pantai di Pulau Ambon

SEJUMLAH lokasi Wisata Pantai di Ambon memang sudah sangat dikenal sampai ke manca Negara karena keindahan alamnya. Beberapa lokasi wisata yang menjadi sangat popular itu antara lain pantai Natsepa, pantai Suli, yang terletak di Desa Suli Kecamatan Baguala atau sebelah timur pulau Ambon. Pintu Kota, Santai Beach dan Pantai Latuhalat terletak di Desa Latuhalat atau di sebelah selatan pulau Ambon. Sementara pantai Liang terletak di Desa Liang Kecamatan Maluku Tengah, atau sebelah timur pulau Ambon.
Masih banyak lagi lokasi wisata pantai yang juga terdapat di pulau Ambon sebagai tempat berekreasi.  Namun sepertinya lokasi wisata pantai Natsepa menjadi pilihan yang tepat bagi para wisatawan, terutama wisatawan lokal. Beberapa faktor yang menjadi daya tarik bagi lokasi pantai Nastepa, selain suasana dan keindahan panorama alam yang menarik, juga terdapat fasilitas tempat pemandian alam yang dipenuhi dengan pasir putih yang panjang.
Pantai pasir putih Natsepa digunakan sebagai tempat pemandian, karena faktor pantai yang dangkal hingga ratusan meter kea rah laut lepas, apalagi pantainya tidak berbatuan, tidak ditemukan satupun hewan berbahaya di lokasi pemandian, sehingga pengunjung merasa nyaman bila mereka berlama-lama mandi dan bersenang-senang disana. Pokoknya pantai Natsepa sangat pas deh, apalagi berwisata bersama teman-teman, pacar maupun keluarga, untuk menghabiskan waktu senggang mereka.
Namun dibalik keindahan lokasi wisata itu, terdapat pula faktor lain yang tidak kalah menarik bagi pengunjungnya. Faktor itu adalah banyaknya sampah dimana-mana. Banyak pengunjung mengeluh lantaran volume sampah yang betebaran sudah sangat mengganggu kenyamanan.
Menurut pengunjung, kondisi sampah yang kami lihat dengan sendirinya sudah merusak keindahan lokasi wisata itu. Disamping tidak adanya fasilitas tempat sampah yang memudahkan setiap pengunjung membuang sampah.
Peter, mahasiswa Unpatti yang saat berkunjung di lokasi tersebut, mengatakan “Kenyamanan di tempat wisata adalah salah satu faktor yang sangat mahal harganya dibandingkan dengan sehelai harga tiket bagi setiap pengunjung.” Pengunjung adalah penikmat. Ketika mereka datang ke pantai yang tersohor sampai ke seluruh belahan dunia itu, ternyata mereka kurang menikmati keindahan pantai yang katanya indah itu.
Menurutnya, beberapa faktor yang ditemukan di sejumlah lokasi wisata pantai di Ambon, lantaran minimnya fasilitas dan kurangnya kepedulian pihak pengelola.
Karena itu, ia berharap tahun 2012 ini, Dinas Pariwisata Provinsi Maluku secepatnya mengambil langkah untuk fokus terhadap infrastruktur pelayanan kepada masyarakat di lokasi-lokasi wisata di pulau Ambon. Bila hal ini tidak segera diupayakan, maka akan berdampak terhadap kunjungan wisatawan, terutama kunjungan wisatawan yang akan datang dari luar daerah menjelang moment nasional seperti pelaksanaan MTQ Juni 2012 mendatang di kota Ambon. (in)

Posting Komentar

0 Komentar