Header Ads

Walikota Vanimo Undang Pangdam Cendrawasih ke PNG

Jayapura - Walikota Vanimo Mr. Jerry Kina mengundang Panglima Kodam (Pangdam) XVII/Cenderawasih Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Christian Zebua untuk berkunjung ke Papua New Guinea (PNG).

Walikota Vanimo Mr. Jerry Kina mengatakan pihaknya berjanji untuk terus memupuk rasa persaudaraan dan berupaya mengirimkan hadiah Natal sebagai tanda persahabatan dan keakraban.

"Kami menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pangdam atas penyambutannya dan begitu sangat terkesan dengan kedisiplinan, ketertiban prajurit-prajuritnya serta kedekatannya prajurit-prajurit dengan masyarakat," ujarnya dalam siaran pers yang dikirimkan kepada Antara di Jayapura, Minggu.

Walikota Jerry menuturkan pihaknya akan mencontoh dan meniru apa yang dilakukan oleh prajurit Kodam XVII/Cenderawasih untuk dipraktekkan di PNG.

Tidak hanya itu, ia juga mengapresiasi kemajuan pembangunan di Papua yang sangat pesat, karena hal ini akan berpengaruh juga terhadap warga PNG yang berada di perbatasan PNG-RI.

"Sekarang ini banyak sekali warga PNG menyeberang ke wilayah RI untuk melakukan belanja barang khususnya sembako, karena di Papua ini harga barang jauh lebih murah dibanding dengan di PNG," urainya.

Ia menjelaskan hal tersebut amat sangat membantu masyarakat PNG sehingga dengan pesatnya pembangunan di Papua ini maka kesejahteraan masyarakat juga meningkat.

Senada dengan Walikota Vanimo Mr. Jerry Kina, Pangdam Christian menuturkan bahwa situasi Papua sekarang ini kondusif walaupun masih ada sedikit gangguan keamanan yang dilakukan oleh warga yang berseberangan paham dengan pemerintah, namun secara keseluruhan Papua sekarang ini aman dan terkendali.

"Hal ini tentunya tidak terlepas dari peran serta tokoh adat, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh masyarakat serta seluruh masyarakat yang ada di Papua ini," tandas Pangdam.

Pangdam mengungkapkan tugas pokok TNI khususnya Kodam XVII/Cenderawasih yaitu menjamin kedaulatan bangsa dan negara, menjaga keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dan menjaga keselamatan Bangsa masih ada tugas lain yang dilakukan prajurit yaitu pembinaan teritorial yang lebih mengedepankan pendekatan-pendekatan terhadap masyarakat melalui kegiatan bakti sosial.

"Kegiatan bakti sosial seperti pengobatan massal, pembangunan jalan-jalan menuju ke daerah pedalaman yang sekarang ini sedang berlangsung sekitar 1000 KM di 14 ruas jalan seluruh Papua dan Papua Barat serta melaksanakan pendampingan pertanian dan mengajar di sekolah-sekolah terpencil," urainya.

Ia menambahkan, selain itu TNI juga akan terus menjaga keamanan dan melindungi rakyat dari ancaman apapun terutama ancaman yang datangnya dari saudara-saudara yang masih berseberangan paham yang membawa senjata, sehingga pihaknya berharap bagi saudara-saudara yang masih berseberangan untuk kembali ke pangkuan Ibu Pertiwi hidup rukun dengan masyarakat lainnya sebagai warga Negara Kesatuan Republik Indonesia serta membangun Papua yang dicintai bersama.

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Christian Zebua menerima Audensi dari Walikota Vanimo (PNG) Mr. Jerry Kina bertempat di Ruang Cycloop Makodam XVII/Cenderawasih. (ant/bm 10)
Diberdayakan oleh Blogger.