Random Posts

header ads

Korea Selatan Sambut Perjanjian Nuklir Iran dan Desak Korut untuk Ikuti

Seoul - Korea Selatan Ahad memuji kesepakatan bersejarah untuk mengakhiri program senjata nuklir Iran, dan menyerukan Korea Utara untuk mengambil jalan yang sama guna denuklirisasi.

Pada Minggu pagi, lima anggota tetap Dewan Keamanan PBB - Amerika Serikat, China, Rusia, Inggris dan Prancis - ditambah Jerman mencapai kesepakatan awal dengan Iran untuk mengekang program senjata nuklir negara Timur Tengah itu dengan imbalan mencabut sanksi-sanksi yang dikenakan sebelumnya.

Terobosan kesepakatan untuk menyelesaikan masalah yang berlangsung selama satu dekade itu terjadi setelah perundingan intensif di Jenewa antara apa yang disebut negara-negara P5+1 dan Iran sejak Rabu.

"Kami menyambut bahwa negara-negara P5+1 dan Iran mencapai kesepakatan tahap pertama untuk menyelesaikan program nuklir Iran," kata kementerian luar negeri Korea Selatan dalam sebuah pernyataan.

"Kami berharap kesepakatan sepenuhnya dilaksanakan dan menyelesaikan masalah nuklir Iran secara komprehensif dan lengkap," katanya, dan berikrar untuk berpartisipasi selanjutnya dalam upaya nonproliferasi masyarakat internasional.

Iran telah lama dituduh mengembangkan senjata nuklir di balik kedok program nuklir sipil meskipun telah pihaknya telah menegaskan program nuklirnya adalah untuk tujuan damai.

Pemerintah Seoul kemudian meminta Korea Utara untuk menerima tuntutan internasional untuk menghentikan ambisi nuklirnya dan membuat "keputusan strategis." "Kemajuan kasus nuklir Iran membawa arti penting bagi Korea Utara, karena akan memberikan tekanan pada negara komunis itu, yang terus mengejar opsi nuklir," kata seorang pejabat kementerian yang tak bersedia disebut namanya. (ant/bm 10)