Random Posts

header ads

Gangguan Tulang Belakang Bida Menurunkan Kualitas Hidup

GANGGUAN tulang belakang jangan dipandang remeh. Pasalnya penentu kesembuhan masalah ini adalah kecepatan penanganan ketika merasa ada keluhan gangguan.

"Makin cepat ditangani, kesembuhan makin cepat dan makin baik. Jika terlambat ditangani akan menurunkan kualitas hidup," ujar Dr Hermantya dari tim dokter Ramsay Spine Center di RS Premier Bintaro dalam temu media belum lama ini.

Gangguan tulang belakang ini juga bukan perkara sederhana. Keterlibatan berbagai bidang ilmu diperlukan untuk menetapkan dianogsis atau teraphi yang tepat.

Salah satu cara gangguan tulang belakang dengan menggunakan teknik pembedahan Minimal Invasive Spain Surgery (MISS). Cara ini terbukti efektif untuk kesembuhan pasien.

Bahkan secara umum tingkat keberhasilannya mencapai angka 90-98 persen. Demikian pula dengan faktor keamanan operasi, cukup aman karena tidak dilakukan pembukaan otot-otot tulang belakang.

"Banyak keuntungan yang diperoleh pasien. pascadilakukan operasi pasien tidak akan mengalami rasa nyeri dan linu di tulang belakang," katanya.

Di samping itu, pasien tidak perlu mengkonsumsi obat-obatan dengan dosis tinggi yang berdampak pada ketergantungan. Yang terpenting masa pemulihan akan lebih cepat sehingga bisa segera bertemu dengan keluarga.

Ada sejumlah teknik MISS yang digunakan pada pembedahan tulang belakang yakni True Minimal Invasive dan semi open. (Sumber: Tribunnews.com)