Random Posts

header ads

Enam Orang Meninggal Akibat Tornado Sapu Midwest

Washington - Sistem badai yang bergerak cepat menimbulkan berbagai tornado yang menewaskan sedikitnya enam orang pada Ahad dan meratakan bagian-bagian besar satu kota di Illinois, kata pihak berwenang.

Sistem badai itu JUGA melanda Midwest, kata mereka.

Tornado-tornado menghantam rumah-rumah dan menghancurkan sejumlah kawasan. Sebanyak 80 laporan tornado diterima, selain 358 laporan tentang angin yang merusak, kata Rich Thompson, seorang peneliti dari Storm Prediction Center di Norman, Oklahoma.

Lalulintas penerbangan dihentikan sebentar di dua bandar udara utama Chicago, dan rumah-rumah puluhan ribu orang di beberapa negara bagian tanpa aliran listrik.

Pada Senin pagi tiga orang dilaporkan meninggal di Massac County, dua orang di Washington County dan satu orang di kota Washington, di Tazewell County, kata Patti Thompson dari Lembaga Managemen Emergensi Illinois.

Dinas Cuaca Nasional membenarkan kerusakan akibat tornado EF-4 di Washington County di bagian selatan Illinois, dengan kekuatan angin 267-322 kilometer per jam.

Badai-badai itu yang tak biasanya terjadi dan bukan pada musimnya bergerak cepat dan berbahaya, ke arah timur dengan kecepatan 97 kilomter per jam, kata Thompson. Ancaman kerusakan-kerusakan oleh angin diprediksi ketika melintasi Pennsylvania dan New York.

Tornado melanda kota Washington, 233 kilometer sebelah baratdaya Chicago, dan bergerak ke Indiana dan Kentucky, Illinois dan satu sudut kecil Ohio.

"Kerusakan tak dapat dipercaya," kata Walikota Gary Manier.

Ratusan rumah hancur, satu orang meninggal dan 31 orang dirawat akibat luka-luka yang dideritanya di dekat Peoria.

"Saya tak dapat membayangkan orang-orang berjalan jauh dari tempat-tempat ini," kata Manier mengenai kerusakan di kota berpenduduk 15.000 jiwa.

Dua orang, satu pria berusia 80 tahun dan saudara perempuannya yang berusia 78 tahun meninggal di Washington County, Illinois, sekitar 320 kilometer sebelah selatan Peoria, kata Mark Styninger, koroner county.

Tiga orang lainnya meninggal Massac County, Illinois, di perbatasan Kentucky tempat satu tornado menghancurkan beberapa kawasan, kata para petugas darurat. (ant/bm 10)