Random Posts

header ads

Topan 'Sekali dalam Satu Dekade' Ancam Tokyo

Tokyo - Topan "sekali dalam satu dekade" mengancam Jepang, Selasa, yang memaksa pembatalan penerbangan dan kereta api, serta mengganggu pengiriman minyak karena memengaruhi jalan lintasi Pasifik yang langsung menuju ibu kota, Tokyo.

Topan Wipha diperkirakan datang tepat di sekitar jam sibuk pada pagi hari, Rabu, membawa badai kencang ke daerah metropolitan yang berpenduduk 30 juta jiwa tersebut.

Pusat badai berada pada 860 km barat daya Tokyo pada 0800 GMT, kata Badan Meteorologi Jepang dalam situsnya. Badai tersebut bergerak ke utara-timur laut sejauh 35 kilometer per jam (22 mph).

Badai melemah ketika menuju utara laut tetapi masih membawa angin berkelanjutan sekitar 140 kph (87 mph) dengan hembusan 194 kph (120 mph), kata badan meteorologi tersebut.

Badan tersebut mengeluarkan peringatan hujan deras, banjir dan angin kencang untuk Tokyo, dan orang-orang disarankan untuk bersiap meninggalkan rumah mereka dengan cepat dan menghindari perjalanan yang tidak perlu.

Seorang juru bicara badan tersebut mengatakan badai "sekali dalam satu dekade" dan topan terkuat mendekati sebelah timur Jepang sejak Oktober 2004.

Topan yang memicu banjir dan tanah longsor yang menewaskan hampir 100 orang, memaksa ribuan orang meninggalkan rumahnya dan merugikan miliaran dolar akibat kerusakan.

Empat perusahaan penyulingan minyak Jepang mengatakan mereka menghentikan pengiriman di dermaga laut di timur Jepang karena topan yang mendekat tapi tidak ada dampak pada operasi penyulingan.

Fasilitas yang terkena dampak topan tersebut adalah Idemitsu Kosan Co 's Chiba dan kilang Aichi, JX Holdings Inc Negishi, Kashima dan kilang Sendai, kilang Fuji Oil Co's Sodegaura dan kilang Cosmo Oil Co's Chiba.

Maskapai Japan Airlines Co membatalkan 183 penerbangan domestik pada Selasa dan Rabu, sebagian besar dari bandara Haneda Tokyo.

Sementara, Rival ANA Holdings Inc menghentikan 210 penerbangan di Jepang termasuk membatalkan tiga penerbangan internasional. Pembatalan gabungan tersebut akan mempengaruhi 60.850 penumpang, kata perusahaan penerbangan.

East Japan Railway Co mengatakan telah membatalkan 31 kereta ke utara dan barat dari Tokyo.

Nissan Motor Co mengatakan mereka membatalkan shift Rabu pagi di pabrik Oppama dan Yokohama di Tokyo Selatan. Oppama membuat semua-listrik dan model lainnya. (ant/bm 10)