Random Posts

header ads

Tokoh Senior Shebab Somalia Tewas Akibat Serangan Pesawat

Mogadishu - Seorang anggota senior Al Shebab yang dituduh terlibat serangan-serangan bunuh diri tewas akibat serangan pesawat tanpa awak AS di Somalia selatan, kata seorang pejabat pemerintah Somalia, Selasa.

Menteri Dalam Negeri Abdikarin Hussein Guled mengemukakan kepada radio pemerintah badan-badan intelijen Somalia telah melacak Ibrahim Ali Abdi, yang juga dikenal dengan nama Anta-Anta, untuk beberapa waktu sebelum serangan itu terjadi Senin.

Menteri itu tidak mengatakan siapa yang melancarkan serangan itu, tetapi seorang pejabat di Washington mengatakan militer Amerika Serikat melancarkan satu serangan pesawat tanpa awak yang ditujukan pada para anggota Shebab di Somalia, Senin.

"Operasi yang menewaskan orang ini adalah sangat penting bagi pemerintah. Orang ini memiliki satu peran penting dalam kematian banyak warga sipil yang tidak bersalah dan kematiannya akan membantu mewujudkan perdamaian kembali," kata menteri itu kepada Radio Mogadishu.

Para pejabat dari pemerintah Somalia yang didukung internasional menyebut kematian anggota kelompok itu yang dikenal karena rompi-rompi pembom bunuh dirinya dan mempersiapkan bom-bom mobil yang sering digunakan gerilyawan untuk menyerang daerah-daerah yang dikuasai pemerintah.

Tidak ada komentar dari pihak gerilyawan.

Serangan itu terjadi beberapa minggu setelah satu serangan di pusat belanja Westgate di Nairobi, Kenya yang diklaim Shebab menewaskan setidaknya 67 orang.

Setelah serangan itu pasukan angkatan laut AS SEAL menyerang kota pelabuhan Berawe, Somalia setelan awal Oktober yang gagal mencapai sasarannya yaitu seorang pemimpin senior Shebab Kenya asal Somalia Abdulkadir Mohamed Abdulkadir, juga dikenal bernama Ikrima.

Seorang pejabat AS, yang berbicara tanpa bersedia namanya disebutkan, Senin mengatakan serangan rudal terbaru itu adalah serangan pesawat tanpa awak yang dilakukan tentara AS.

Sumber itu tidak secara tegas dari mana pesawat itu diterbangkan, tetapi tentara AS mengoperasikan pesawat-pesawat itu dari pangkalan-pangkalan di Djibouti dan Arba Minch di Ethiopia selatan.

Shebab diusir dari kota-kota utama Somalia termasuk ibu kota Mogadishu dan kota pelabuhan penting Kismayo oleh pasukan Uni Afrika yang mendapat mandat PBB yang para anggotanya kini berjumlah 17.700 personil.

Akan tetapi kelompok itu masih menguasai daerah-daerah luas Somalia selatan dan dalam beberapa bulan lalu meningkatkan skala serangan-serangan bunuh dirinya. (ant/bm 10)