Random Posts

header ads

Pembahasan Anggaran AS Masih Temui Buntu

Washington - Juru Bicara Gedung Putih Jay Carney menyatakan negosiasi senat mengenai anggaran Amerika Serikat terus berjalan. Namun, negosiasi itu disebut masih jauh dari kata sepakat. "Ada kemajuan menuju penyelesaian kebuntuan fiskal, tapi kita masih jauh dari kesepakatan dari titik ini," katanya seperti dikutip dari laman Reuters, Selasa 15 Oktober 2013 waktu setempat.

Carney menyatakan, White House terus berharap senat dapat memberikan jalan bagi Amerika untuk keluar dari krisis ini. Pasalnya, batas waktu pembahasan tinggal dua hari lagi untuk menaikkan plafon utang atau menghadapi gagal bayar.

"Kami terdorong oleh kemajuan di Senat, tapi masih jauh dari kesepakatan pada saat ini," kata Carney kepada wartawan.

Pemerintah Amerika Serikat di awal Oktober menutup sementara (shutdown) layanan pemerintah. Langkah itu menyusul serangkaian perdebatan panjang dan manuver politik dari Parlemen, Senat, dan Gedung Putih yang akhirnya gagal mencapai kata sepakat atas persoalan kebuntuan anggaran negara itu. Shutdown ini merupakan yang pertama kalinya selama hampir dua dekade.

Pembahasan akan kembali dilaksanakan pada tanggal 17 Oktober mendatang. Kongres Amerika Serikat akan kembali berusaha mencapai kesepakatan kenaikan plafon utang (debt ceiling) untuk menghindarkan Amerika Serikat dari status gagal bayar. (Sumber: Tempo.co)