Random Posts

header ads

Ini 5 Cara Atasi Ketombe dengan Benar

Bagi banyak wanita ketombe merupakan masalah rambut yang bisa saja dihasilkan dari kebiasaan. Polusi penggunaan produk perawatan rambut dan berbagai alat perawatan rambut yang tak bersih juga bisa menjadi penyebab munculnya ketombe.

Tetapi jika ketombe terlanjur hingga dirambut kamu, maka jangan khawatir, banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat rambut kamu kembali bersih dan bebas dari ketombe. Dilansir dari berbagai sumber berikut 5 cara yang dapat kamu lakukan:

Gunakan minyak perawatan rambut


Minyak kemiri, minyak urang-aring, minyak zaitun dan berbagai minyak perawatan lainnya bisa membantu memperbaiki kondisi kulit kepala. Minyak perawatan berbeda dengan hair tonic. Teksturnya lebih mirip minyak zaitun. Gunakan minyak ini 15-30 menit sebelum keramas.

Bersihkan sisir dan ganti sarung bantal

Sisir adalah salah satu benda yang paling mudah diserang kotoran baik itu kutu, kotoran hingga jamur. Ketombe bisa menular lewat sisir, jadi bersihkan sisir secara teratur. Demikian pula dengan sarung bantal yang biasa digunakan. Selain bisa menjadi penyebab ketombe, sarung bantal yang jarang diganti juga bisa menimbulkan jerawat.

Kurangi penggunaan produk hair styling

Hindari penggunaan produk hair styling sementara waktu. Dengan begitu rambut akan lebih minim terkena kontak bahan kimia. Penggunaan hair styling juga bisa memperparah kondisi dengan membuat rambut rontok dan terasa super gatal.

Ganti produk shampoo

Mengganti produk perawatan rambut seperti shampoo sekitar sebulan sekali, bisa membantu mencari shampoo mana yang cocok bagi rambut. Ada beberapa tipe rambut dan kulit kepala yang bisa jenuh terhadap satu perawatan sehingga mudah mengalami masalah rambut setelah digunakan dalam jangka panjang.

Konsumsi makanan mengandung kolagen

Mungkin kulit kepala kering. Konsumsilah makanan dengan kandungan kolagen dan pelembab alami. Misalnya buah-buahan, kerupuk kulit, ikan laut dan sebagainya. Makanan ini bisa membantu memproduksi kolagen dan merawat kulit kepala. (Sumber: DreamersRadio.com)