Header Ads

Danrem 151/Binaiya: Tumbuhkan Rasa Nasionalisme dengan Kegiatan Positif

Ambon - Danrem 151/Binaiya Kolonel Inf Asep Kurnaedi mengatakan untuk menumbuhkan rasa nasionalisme masyarakat di wilayah yang berbatasan dengan negara tetangga perlu dilakukan berbagai kegiatan positif.

"Untuk menumbuhkan rasa nasionalisme masyarakat di wilayah perbatasan khususnya di Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) yang berbatasan langsung dengan negara Timor Leste, kami sering melakukan kegiatan upacara bendera bersama," katanya di Ambon, Jumat Misalnya dalam rangka kegiatan HUT Kemerdekaan Bangsa Indonesia yang diperingati setiap tahun pada 17 Agustus juga dilakukan di daerah itu dengan menggelar upacara bendera di sekolah-sekolah serta menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

"Anggota TNI kami yang bertugas di wilayah itu membaur bersama dengan anak-anak sekolah dan masyarakat. Kami pikir inilah sebuah bentuk menanamkan rasa nasionalisme bangsa," ujar Danrem.

Terkait masih adanya hubungan antara warga negara Timor Leste dengan masyarakat di perbatasan, Kolonel Asep mengatakan bahwa hubungan itu memang sulit dibatasi karena secara kultur masih ada hubungan persaudaraan.

"Memang secara administrasi negara memisahkan, padahal dulu negara Timor Leste bagian dari NKRI," katanya Menyinggung pembangunan militer di wilayah perbatasan MBD, menurut Danrem masih kurang diperhatikan.

"Pulau Wetar, pulau Kisar dan sejumlah pulau lainnya di wilayah itu merupakan pulau terluar bangsa kita yang perlu dijaga dengan baik. Karena itu perlu pembangunan milter yang kuat," katanya.

Menurut Danrem, pembangunan militer di wilayah perbatasan harus kuat untuk menjaga keutuhan NKRI dan mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Di MBD hanya ada Koramil dengan 13 personel yang tersebar di sejumlah desa dan tugas mereka sangat berat," ujarnya.

Karena itu apabila ada wacana pemekaran Kabupaten Moa Lakor, pihaknya akan memikirkan untuk menyusun konsep pembangunan militer di wilayah itu, setidaknya dibentuk Kodim.

"Untuk memperkuat Koramil di MBD saat ini dibantu oleh Satgas Batalyon 611 Awangong dari Kodam XII Mulawarman Kalimantan, sebanyak satu pleton yang setiap enam bulan ada pergantian," ujar Danrem. (ant/bm 10)
Diberdayakan oleh Blogger.