Random Posts

header ads

Belum ada pembatalan Obama berkunjung ke Bali

PRESIDEN Amerika Serikat Barrack Obama belum membatalkan agenda ke Bali untuk hadir dalam KTT APEC 2013 menyusul kemelut di dalam negerinya.

Kepala Penerangan Kodam IX Udayana Kolonel Wing Handoko mengatakan, sejauh ini belum ada perubahan rencana kedatangan Obama. "Belum ada perubahan, masih seperti rencana semula," katanya ketika dihubungi, Rabu (2/10).

Obama dijadwalkan tiba di Bali pada 5 Oktober mendatang. Jadwal kedatangan pemimpin negara adi kuasa itu sudah dikoordinasikan antara Satgas pengamanan VVIP dengan US secret service. Namun, jadwal itu bisa saja berubah.

Untuk hotel yang akan dipakai menginap Obama, sejauh ini belum ada keterangan resmi. Namun kabar menyebutkan presiden negeri Paman Sam itu akan menginap di Hotel Grand Hyatt Nusa Dua.

Dalam kunjungannya ke Bali, Obama akan mengikuti pertemuan puncak APEC bersama 21 kepala negara. Para pimpinan negara akan berada di Bali pada 7-8 Oktober untuk mematangkan konsep 'Bogor Goals".

Seperti diberitakan, kemelut di pemerintahan AS terjadi menyusul penghentian layanan pemerintahan. Pemicunya adalah kebuntuan politik dengan Partai Republik di DPR AS terkait penundaan pelaksanaan layanan kesehatan yang dikenal sebagai Obamacare selama satu tahun.

Rekan Demokrat Obama di Senat menolak langkah tersebut dan keuangan untuk operasional pemerintahan ditutup pada Senin tengah malam.

Pada pukul 23.00, DPR AS menetapkan tindakan untuk memastikan bahwa pasukan akan tetap dibayar meskipun ada penghentian layanan, dan Pentagon telah memastikan bahwa tidak ada operasi militer yang akan terpengaruh, termasuk upaya perang di Afghanistan.

Tapi warga sipil berperan dalam hampir setiap usaha militer, dan di bawah hukum, hanya beberapa dari mereka yang dianggap "penting" yang tetap bekerja. (Sumber: Merdeka.com)