Random Posts

header ads

Sosok Sri Mulyani Semakin Penting di Bank Dunia

JAKARTA - Sri Mulyani Indrawati didaulat menjadi Direktur Bank Dunia (World Bank/WB) usai menjabat sebagai Menteri Keuangan. Dalam perjalanan kariernya di Bank Dunia, Sri Mulyani nampaknya semakin mempunyai taring.

Melansir keterangan di situs Bank Dunia, Kamis (5/9/2013), selain sebagai Direktur, Sri Mulyani didaulat sebagai Chief Operating Officer (COO).

Sebagai Chief Operating Officer dan Managing Director, Sri Mulyani Indrawati bertanggung jawab untuk operasi lembaga di semua wilayah dan jaringan meliputi bidang tematik pembangunan manusia, pembangunan berkelanjutan, pengurangan kemiskinan dan pengelolaan ekonomi, dan pengembangan sektor keuangan dan swasta.

Sri Mulyani bergabung dengan Bank Dunia pada Juni 2010. Selama periode tersebut, dia dinilai berhasil menuntun kebijakan ekonomi bagi salah satu negara terbesar di Asia Tenggara, untuk melewati krisis ekonomi global, menerapkan reformasi kunci, pemberantasan korupsi. Selain menjadi Menteri Keuangan, dia juga pernah memimpin Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Selain itu, dia pernah menjadi direktur eksekutif di International Monetary Fund (UI). Lulusan Universitas Indonesia (UI) ini, pernah menjadi profesor tamu di Andrew Young School of Public Policy di Georgia State University.

Dia merupakan sarjana di bidang ekonomi lulusan University of Illinois dan BA di bidang ekonomi dari UI. Dia telah menerima berbagai penghargaan, termasuk Menteri Euromoney Magazine Global Finance of the Year, dan Emerging Markets Terbaik Menteri Keuangan di Asia.

Bahkan, majalah Forbes menempatkan dia dalam 100 Wanita Paling Berpengaruh di dunia. (Sumber: Okezone.com)